Bagikan:

JAKARTA - Bakal calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, mengungkap salah satu alasannya maju di kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Menurutnya, Presiden terpilih, Prabowo Subianto membutuhkan sosok teknokrat untuk membangung Jakarta sebagai kota globar usai status ibu kota negara berpidah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Tapi perintah dari partai, arahan dari Pak Prabowo, Jakarta butuh teknokrat yang bisa memikirkan apa, pasca tidak lagi jadi ibu kota," ujar Ridwan Kamil di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Minggu, 1 September.

Kebetulan, kata Ridwan Kamil, dirinya merupakan kurator IKN. Sehingga mengerti dan paham risiko yang akan terjadi setelah Jakarta bukan lagi ibu kota.

Misalnya, akan banyak gedung kementerian yang kosong pasca ibu kota berpindah ke IKN sebagai pusat pemerintahan.

"Kebetulan saya kurator IKN, Jadi paham apa risiko dan konsekuensi Dari perpindahan populasi ke IKN, kan gedung-gedung kosong ditinggalin di Monas dan lain sebagainya di kawasan itu," sebutnya.

"Jadi, itu Biar paham alasannya," sambung Ridwan Kamil menegaskan.

Pria yang kini dikenal dengan sebutan Bang Emil itupun menyatakan kesiapannya memimpin Jakarta bila nantinya terpilih sebagai Gubernur. "Nah, jadi saya di manapun ditugaskan siap," kata Ridwan Kamil.