Bagikan:

JAKARTA - Warga Jakarta mulai menyusun berbagai kegiatan perlombaan menjelang perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Repubulik Indonesia (RI)  di wilayahnya masing-masing.

Perlombaan akan diikuti oleh kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

Setiap perlombaan juga akan diikuti oleh kaum wanita dan pria.

Seperti yang terlihat di kawasan perumahan Halim Perdana Kusuma, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur pada Minggu, 10 Agustus.

Sejumlah kaum wanita kembali mengikuti kegiatan lomba mancing merah putih di sebuah kolam besar pemancingan puspita yang berisi ikan jenis mujair.

"Baru ikut ini (lomba mancing) sekali. Lomba 17 Agustusan untuk meramaikan, berpartisipasi dari kaum perempuan," kata Tuti, salah satu peserta lomba kepada wartawan.

Wanita yang baru sekali ikut lomba memancing ikan itu ternyata merasa ketagihan lantaran dia telah mendapatkan 2 ekor ikan dari kail pancingnya.

"Ternyata mancing nagih juga mancing. Baru pertama kali, tapi engga tau dapat dua ikan. Asik pokoknya," ucapnya.

Mereka terlihat sangat antusias dan kegirangan saat kail pancingannya berhasil mendapatkan ikan. Namun tak jarang peserta wanita itu ketakutan dan kebingungan saat hendak menarik pancingannya yang dimakan ikan.

Ketua panitia lomba mancing ikan, Diana Murni mengatakan, kegiatan perlombaan menyambut HUT RI ke-79 ini sangat berbeda dengan wilayah lainnya.

Dia mengaku lebih dulu menggelar lomba di bulan Agustus ini agar memberikan semangat bagi para kaum perempuan.

"Pemilihan lomba ini karena memancing untuk melatih ketangkasan dan kesabaran para perempuan," kata Diana kepada wartawan.

Bahkan yang menarik pada kegiatan ini, peserta perempuan memancing dengan menggunakan kebaya merah putih. Namun ada juga yang mengenakan celana jeans dengan atasan kebaya. Mereka menyebut agar lebih modern.

Pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dan beberapa hadiah hiburan serta sertifikat.