Bagikan:

JAKARTA - Kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi dimulai hari ini menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Itu artinya, duplikat Bendera Pusaka untuk pertama kalinya di bawa keluar Kota Jakarta. Sebab biasanya, upacara HUT RI selalu dilaksanakan di Istana Negara Jakarta.

"Betul, pertama kali ini bendera duplikat dan teks proklamasi akan keluar Jakarta menuju ke Ibu Kota Baru, di Istana Negara, di Ibu Kota Nusantara," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, Sabtu, 10 Agustus.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Yusuf menjelaskan, proses kirab duplikat Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi menjadi lebih panjang. Dari Monas, iring-iringan tersebut akan menuju Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma.

"Biasanya itu diselenggarakan rutenya dari Istana, eh dari Monas ke Istana Merdeka tapi kali ini kita akan menciptakan sejarah karena diselenggarakan kirab tersebut dari Monumen Nasional menuju ke Ibukota Nusantara," jelasnya.

"Dari Monas kita akan melakukan perjalanan ke halim perdanakusuma melewati Patung Kuda, jalan Thamrin, kemudian Bundaran HI lalu Semanggi terus sampai dengan Halim Perdanakusuma, kurang lebih estimasi perjalanan 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh kira-kira 14 km," tambah Yusuf.

Karena kirab ini merupakan sejarah kali pertama, Yusuf memohon doa restu dari seluruh masyarakat di manapun berada dan warga negara Republik Indonesia untuk mendoakan agar acara perayaan HUT ke-79 RI dapat berjalan dengan lancar, baik, sebagaimana harapan semua pihak.

"Karena ini juga adalah rangkaian dari kegiatan pagelaran peringatan HUT RI sehingga sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk sama-sama kita mensukseskan semua acara di bulan kemerdekaan," pungkasnya.