Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca hujan dan berawan akan melanda mayoritas kota besar di Indonesia.

Prakirawan BMKG Andika F Hapsari mengatakan sejumlah kota besar di Sumatera berpotensi hujan, seperti Pekanbaru, Padang, Bengkulu, Medan, dan Tanjung Pinang. 

“Sementara itu, Banda Aceh dan Jambi diprakirakan berawan tebal, sedangkan Pangkal Pinang dan Palembang berawan,” kata dia dilansir ANTARA, Rabu 7 Agustus.

Dia menjelaskan kota besar di Pulau Jawa diprakirakan berawan, seperti Serang, Jakarta, dan Bandung. Sementara cuaca berawan berpotensi terjadi di Yogyakarta, Semarang, serta Surabaya. BMKG memprediksi hujan ringan turun di Denpasar serta cuaca berawan terjadi di wilayah Mataram dan Kupang.

“Cuaca hujan mendominasi kondisi sejumlah kota besar di Kalimantan, termasuk Pontianak, Tanjung Selor, Samarinda, dan Banjarmasin,” kata dia.

Kondisi hujan juga dialami sejumlah kota di Pulau Sulawesi, seperti Mamuju, Palu, Manado, Gorontalo, Kendari, dan Makassar.

Di wilayah timur Indonesia, BMKG memprakirakan hujan intensitas sedang terjadi di Ternate, Sorong, Nabire, dan Merauke.