Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) mengirim lebih banyak jet tempur dan kapal perang ke Timur Tengah sebelum kemungkinan pembalasan Iran terhadap Israel.

Dilansir ABC News, Pentagon akan mengirim satu skuadron tempur tambahan dan lebih banyak kapal perang ke Timur Tengah untuk membantu membela Israel jika Iran bereaksi secara militer terhadap pembunuhan pemimpin politik utama Hamas di Teheran.

Amerika Serikat juga akan mempertahankan keberadaan kapal induk di Timur Tengah ketika Menteri Pertahanan Lloyd Austin memerintahkan USS Abraham Lincoln untuk menggantikan USS Theodore Roosevelt yang ditempatkan dalam jangka pendek di Timur Tengah.

Pengerahan tersebut mengikuti komitmen Presiden Joe Biden kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Kamis tentang “pengerahan militer defensif baru AS” ke wilayah tersebut.

Austin memerintahkan penyesuaian terhadap postur militer AS yang dirancang untuk meningkatkan perlindungan pasukan AS, untuk meningkatkan dukungan bagi pertahanan Israel.

AS disebut siap merespons berbagai kemungkinan, kata Pentagon dalam pernyataan Jumat, 3 Agustus dilansir ABC News.

Austin juga memerintahkan pengerahan skuadron tempur tambahan ke Timur Tengah “untuk memperkuat kemampuan dukungan pertahanan udara kami,” kata pernyataan itu.

Selain itu, Menteri Austin meminta tambahan kapal penjelajah dan kapal perusak berkemampuan pertahanan rudal balistik ke Komando Eropa AS dan Komando Pusat AS.