Bagikan:

JAKARTA - Banjir yang disebabkan oleh hujan lebat di Pakistan menyebabkan kerusakan yang menewaskan 30 orang pekan ini ini. Lahore diguyur hujan ekstrem dalam lebih dari empat dekade.

Datangnya musim hujan memicu banjir dan tanah longsor di seluruh Asia Selatan dalam sepekan terakhir, dengan total 195 orang tewas dan hampir 200 orang hilang dalam satu bencana di negara tetangga, India.

Hujan mengguyur bagian utara Pakistan, menyebabkan banjir, bangunan runtuh, dan meningkatkan risiko sengatan listrik.

“Rekor curah hujan selama 44 tahun sekali lagi dipecahkan di Lahore,” kata pejabat utilitas di provinsi timur laut Punjab dilansir Reuters, Jumat, 2 Agustus.

Pihak berwenang mencatat enam kematian dan memperingatkan banjir bandang diperkirakan akan terjadi di selatan minggu ini.

Di Khyber Pakhtunkhwa, 12 anak termasuk di antara puluhan orang yang tewas dalam tiga hari terakhir akibat hujan dan banjir di provinsi barat laut tersebut

Organisasi global, seperti PBB menyebut Pakistan sebagai salah satu negara yang paling rentan terhadap cuaca ekstrem dan perubahan iklim, dengan banjir yang menimbulkan malapetaka pada tahun 2022, menewaskan lebih dari 1.700 orang dan membuat jutaan orang mengungsi.