Bagikan:

JAKARTA - Sembilan orang tewas dan empat lainnya masih hilang setelah kapal penangkap ikan Inggris-Norwegia tenggelam di lepas pantai Kepulauan Falkland (Malvinas).

Sebanyak 27 awak kapal berada di kapal Argos Georgia, kapal berbendera Saint Helena. Empat belas orang di antaranya selamata, kata Stig Ervik, CEO Ervik Havfiske Holding Norwegia, kepada Reuters, Rabu, 24 Juli.

Ervik mengatakan kapal penangkap ikan itu tenggelam, namun perusahaan belum mengetahui rincian lengkap kejadiannya.

Awak kapal terdiri dari 10 orang Spanyol, delapan orang Rusia, lima orang Indonesia, dua orang Peru dan dua orang Uruguay, semuanya berusia antara 30 dan 58 tahun.

Ervik menolak menyebutkan anggota kru mana yang dipastikan tewas.

Salah satu dari dua rakit penyelamat yang tersedia bagi awak kapal ditemukan dalam kondisi rusak, kata Ervik, seraya menambahkan satu orang ditemukan hidup di sana sementara 13 orang yang selamat ditemukan di rakit lainnya.

Kapal penangkap ikan Argos Georgia berada 200 mil laut di sebelah timur Stanley, ibu kota Kepulauan Falkland, ketika tenggelam, kata pemerintah wilayah luar negeri Inggris.

Pemerintah mengatakan kru yang diselamatkan dibawa ke Rumah Sakit King Edward VII Memorial di Stanley untuk pemeriksaan medis sementara operasi pencarian berlanjut untuk mencari mereka yang hilang.