Bagikan:

JAKARTA -Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat akan mengumumkan bakal calon gubernur (bacagub) pada Pilgub Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Jawa Tengah (Jateng) pada awal Agustus mendatang.

"Jatim sudah, Jateng dalam waktu dekat, Jabar dalam waktu dekat, Jakarta dalam waktu dekat, jadi mungkin awal Agustus kita sudah ke daerah-daerah yang prioritas, yang menjadi sorotan publik, dan menjadi etalase politik untuk pilkada," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Andi Arief saat ditemui di kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu malam.

Saat ini Partai Demokrat tengah mengevaluasi terkait elektabilitas tokoh-tokoh yang akan diusung melalui survei hingga faktor lainnya.

"Ya lagi mulai kita evaluasi, surveinya. Syarat pertama dia punya elektabilitas, kedua dia punya koalisi apa enggak, koalisinya mana saja gitu kan, kemudian ketiga hal-hal lain yang harus dipersiapkan, saya kira standar aja," bebernya.

Sebelumnya, Partai Demokrat resmi mendukung 60 paslon kepala daerah untuk bertarung pada Pilkada 2024. Selain dari unsur internal partai, Demokrat juga mengusung petahana, mantan kepala daerah hingga komika.