Bagikan:

JAKARTA - Mobil melaju menabrak teras kafe di arondisemen ke-20 di utara Paris pada Rabu, 17 Juli malam. Satu orang tewas dan enam lainnya luka-luka, termasuk tiga orang dalam kondisi kritis.

Polisi mengatakan pengemudi kendaraan melarikan diri dari lokasi kejadian.

Dilansir Reuters, Kamis, 18 Juli, ada satu penumpang di dalam mobil tersebut, yang dinyatakan positif mengonsumsi alkohol dan obat-obatan, kata sumber polisi. Penumpang tersebut tidak termasuk di antara korban jiwa.

Belum diketahui penyebab dari kecelakaan ini atau kemungkinan terkait teror. Yang pasti Prancis kini meningkatkan pengamanan jelang pembukaan Olimpiade Paris 2024.

Sekitar 45.000 polisi akan mengamankan upacara pembukaan Olimpiade Paris pada 26 Juli, dengan lebih dari 100 kepala negara dan pemerintahan akan hadir.

Otoritas Prancis mengatakan tidak ada perubahan yang direncanakan setelah penembakan akhir pekan terhadap Donald Trump.

Upacara yang diadakan untuk pertama kalinya di luar stadion, akan melibatkan sekitar 80 perahu yang mengangkut atlet internasional melalui rute enam km (3,7 mil) di sepanjang sungai Seine menuju Menara Eiffel, kata pejabat Lambis Konstantinidis.

Para atlet dan pemain akan berlayar melewati beberapa landmark paling menakjubkan di ibu kota Prancis. Namun, dengan lebih dari 300.000 penonton diperkirakan akan menyaksikannya, hal ini juga merupakan masalah keamanan yang besar, terutama pada saat terjadi perang di Gaza dan Ukraina.

"Rutenya sepanjang enam km, jadi perimeternya sangat besar untuk diawasi. Itu sebabnya kami membutuhkan banyak petugas keamanan," kata Konstantinidis, kepala perencanaan dan koordinasi Olimpiade dilansir Reuters, Rabu, 17 Juli

“Rencana keamanan kami sangat dinamis. Mereka selalu mempertimbangkan kejadian terkini dan mencoba beradaptasi,” katanya saat mengunjungi markas keamanan Olimpiade.