Bagikan:

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melakukan mutasi, rotasi dan promosi atas 18 perwira tinggi. Dengan demikian, para pati tersebut mengalami perubahan jabatan strategis baik di lingkungan TNI maupun Badan Intelijen Negara (BIN).

Mutasi tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar saat dihubungi di Jakarta, Selasa, 16 Juli. Demikian dikutip dari ANTARA.

Perubahan jabatan ini diatur dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/683/VI/2024. SK tersebut berlaku sejak 14 Juni 2024.

Dari 18 pati tersebut, paling tidak ada tiga kolonel yang akhirnya pecah bintang atau mandapat promosi dan kini menyandang bintang satu di pundaknya.

Pertama, Kolonel Infanteri Gema Repelita mendapatkan promosi dari jabatan dia sebelumnya sebagai Kepala Sub Direktorat Analisa Strategis Kementerian Pertahanan RI. Kini, dirinya Kabinda Sumatera Utara yang sebelumnya dijabat Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana.

Kedua, Kolonel Inf Agus Budi Setyo Raharjo juga mendapatkan promosi dari jabatan sebelumnya sebagai Kepala Bagian Pengembangan SDM pada Biro SDM Sekretariat Utama BIN, saat ini menjadi Kepala Biro SDM Sekretariat Utama BIN.

Ketiga, Panglima TNI dalam SK yang sama juga memberikan promosi kepada Kolonel Inf Yusuf Sampetoding, yang sebelumnya menjabat sebagai Perwira Pembantu III Staf Operasi TNI, menjadi Direktur Latihan Komando Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI.