Bagikan:

KALBAR - Polres Kubu Raya di Kalimantan Barat (Kalbar) mengamankan granat nanas aktif yang ditemukan warga di area pergudangan Parit Sembin.

"Granat tangan jenis nanas langsung dievakuasi Jibom Polda Kalbar dan langsung dibawa menuju lapangan tembak Polda Kalbar untuk dimusnahkan dengan cara diledakkan sesuai prosedur agar tidak ada korban," ujar Kasubsi Penmas Sihumas Polres Kubu Raya Aiptu Ade di Sungai Ambawang, Kalbar, Selasa 16 Juli, disitat Antara.

Ade menjelaskan, usai mendengar laporan tersebut personel Polsek Sungai Raya segera tiba di lokasi untuk mengamankan area dan memanggil tim Jibom Brimob Polda Kalbar.

"Tim yang dipimpin oleh Wadanden Brimob Polda Kalbar AKP Agus Suparpto bersama Kasubden 2 Jibom Brimob Polda Kalbar bergerak cepat untuk mengevakuasi granat tersebut," tuturnya.

Mulanya granat tersebut ditemukan seorang warga di antara celah pergudangan A9 dan A10 Parit Sembin, Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya. Polisi yang menerima laporan tersebut langsung mengamankan lokasi dan melakukan evakuasi agar tidak mencelakai warga.

Ade mengimbau agar warga berhati-hati jika menemukan hal serupa untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian dan jangan sesekali menyentuh barang tersebut agar tidak menimbulkan korban jiwa.

"Kami pun dari Polres Kubu Raya mengimbau kepada warga yang menemukan barang serupa atau barang lain yang dapat menimbulkan ledakan, agar segera menghubungi pihak kepolisian," tandasnya.