Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengusung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak menjadi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Pilkada 2024.

Pengusungan ini ditandai lewat surat rekomendasi yang diberikan langsung oleh AHY kepada Khofifah-Emil. Sebelumnya, Khofifah juga mendapat rekomendasi pengusungan dari Partai Gerindra, Golkar, PAN, dan PSI.

AHY mengungkapkan alasan Demokrat mengusung Khofifah. Selain karena berpasangan dengan kadernya, Khofifah juga merupakan salah satu tokoh perempuan yang sudah dikenal secara nasional.

"Rekam jejak, sepak terjang, titian kariernya luar biasa. Bisa dikatakan politisi perempuan paling lengkap di Indonesia karena pernah masuk di semua lini, baik di parlemen maupun pemerintahan dan beliau selama 5 tahun terakhir menjadi Gubernur Jawa Timur," kata AHY di kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Juli.

Sementara itu, AHY menyebut Khofifah juga berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga meningkatkan indeks pembangunan manusia selama manjabat Gubernur Jawa Timur.

"Tentunya ini menjadi alasan mengapa masyarakat Jawa Timur masih sangat kencintai dan mendukung ibu Khofiah 5 tahun ke depan," ungkap AHY.

Sementara, Khofifah optimistis bisa memenangkan Pilgub Jawa Timur dengan penambahan dukungan dari Demokrat.

"Kami sampaikan terima kasih dan tentu proses berikutnya kami sangat yakin jajaran pimpinan strategis Partai Demokrat juga akan mengawal proses perjalanan kami untuk mencapai kemenangan pada Pilgub 27 November yang akan datang," ucap Khofifah.

Sementara itu, Emil Dardak yang juga merupakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Timur mengaku akan bergerak memenangkan Khofifah dan dirinya dalam Pilkada 2024 di Jatim.

"Karena kami juga DPD, seluruh mesin partai Demokrat di Jatim insyaallah akan siap memenangkan ibu Khofifah menjadi gubernur," tambah Emil.