Bagikan:

JAKARTA - Ketua BPOKK Partai Demokrat Herman Khaeron mengungkapkan, untuk sementara waktu Koalisi Indonesia Maju (KIM) sepakat mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil maju di Pilkada Jakarta 2024. Sementara untuk Pilkada Jawa Barat, KIM menyetujui politikus Gerindra, Dedi Mulyadi sebagai calon gubernur. 

"Ya sementara pembicaraan seperti itu," ujar Herman Khaeron, Selasa, 25 Juni.

Herman mengklaim, KIM akan solid terkait pencalonan di DK Jakarta. Namun untuk saat ini, kata dia, dinamika politik Pilkada Jakarta masih dalam pembahasan. 

"Kita lihat saja nanti keputusan koalisi, yang pasti KIM untuk Jakarta ini, KIM memang solid lah untuk melahirkan pemimpin DKJ yang tentu nanti sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat Jakarta," katanya.

 

Soal Golkar yang merekomendasikan Ridwan Kamil tetap di Jabar mengingat survei di Jakarta menurun, Herman menekankan hal itu bergantung pada kesiapan Ridwan Kamil sebagai sosok sosok dicalonkan. Yang jelas, kata dia, KIM akan sama-sama mendukung Ridwan Kamil dan wakilnya di Pilkada 2024.  

"Itu sangat bergantung juga dengan internalnya, tapi untuk calon gubernur juga nanti sangat bergantung pada Pak Ridwan Kamil, Pak Ridwan Kamil akan maju di Jakarta atau maju di Jawa Barat, kan begitu. Kalau maju di Jakarta, ya kita lihat KIM apakah memang akan mengikatkan diri untuk sama-sama mendukung pak Ridwan Kamil dengan kandidat wakilnya yang kita godok bersama," jelas Herman. 

"Saya kira belum ada sesuatu yang pasti betul siapa yang akan diusung. Oleh karenanya dinamika ini terus dibuka di dalam partai-partai dan kemudian komunikasinya menjurus ke siapa yang nanti tepat nanti setelah itu akan diumumkan kepada publik, pada akhirnya akan terbuka ke publik," pungkasnya.