Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan untuk menghadiri Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di Lapangan Simpang Lima, Masjid Baiturahman, Semarang, Jawa Tengah pada Senin 17 Juni. Informasi ini disampaikan oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin, yang dikonfirmasi di Jakarta pada Minggu 17 Juni.

Ngabalin menjelaskan bahwa keputusan Presiden Jokowi untuk shalat di Semarang didasarkan pada kunjungan kerja yang sedang dilakukannya di sana. "Pertimbangan utama adalah karena kunjungan kerja Presiden di sana," ungkapnya.

Selain itu, Ngabalin menyebutkan bahwa Presiden Jokowi jarang hadir dalam agenda hari besar Islam di Jawa Tengah, terutama di Semarang, selama masa jabatannya. "Selama menjadi Presiden dua periode, hari besar Islam, hampir tidak pernah Presiden ada di wilayah seperti Jateng," tambahnya.

Kunjungan ini juga merupakan kesempatan bagi Presiden Jokowi untuk bersilaturahmi dengan kerabat di Jawa Tengah, terutama menjelang akhir masa jabatannya. "Presiden juga ingin meluangkan waktu untuk bersilaturahmi lebih dekat," jelas Ngabalin.

Agenda kunjungan kerja ke Semarang telah direncanakan dalam rapat dan telah dikonsultasikan kepada Presiden sebelumnya. "Ini merupakan hasil pembahasan dalam rapat dan telah dikonsultasikan kepada Presiden," pungkasnya.