Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto disebut akan melaksanakan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni menyebut keduanya dipastikan akan hadir bersama dalam upacara tersebut berdasarkan penuturan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Pak Jokowi dan Pak Prabowo akan berada di IKN," ujar Raja Juli di Bali, Sabtu, 15 Juni.

Selain itu, upacara kemerdekaan tahun ini disebut akan dilaksanakan secara hybrid. Sebab, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wakil Presiden terpilh, Gibran Rakabuming Raka akan melaksanakan di lokasi berbeda.

"Kemudian, Pak Kiai Maruf dan Mas Gibran ada di Istana Merdeka," ungkapnya.

Bahkan, upacara kemerdekaan 2024 disebut sebagai upacara transisi. Pelaksanaanya sebagai penyambutan IKN. Namun, tetap mengingat Jakarta sebagai kota yang menjadi pusat Indonesia.

"Nah ini adalah upacara transisi untuk mengucapkan selamat datang kepada ibu kota baru dan sekaligus mengingatkan agar jangan lupakan Jakarta," ungkap Raja Juli

Di tahun depan, upacara kemerdekaan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran akan diselenggarakan sepenuhnya di IKN

"Insya Allah tahun depan upacara akan penuh ada di IKN. Jadi ini upacara transisi, jadi diselenggarakan di dua tempat," kata Raja Juli.