Bagikan:

YOGYAKARTA – Jenderal Polisi yang dapat jabatan sipil 2024 kemungkinan jumlahnya akan bertambah, jika Irjen pol Ahmad Luthfi ditetapkan sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Sebelumnya, Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Dedi Prasetyo mengonfirmasi ada pengajuan nama Ahmad Luthfi menjadi irjen di Kemendag. Akan tetapi, ia mengatakan bahwa pengajuan tersebut masih menunggu hasil Tim Penilaian Akhir (TPA) dan keputusan presiden (keppres).

“Karena itu jabatan eselon I maka menunggu TPA dan kepres dulu,” tutur Dedi kepada wartawan, Senin, 10 Juni 2024.

Jika Ahmad Luthfi diangkat sebagai Irjen Kemendag, jumlah jenderal polisi yang menduduki jabatan sipil pada 2024 akan bertambah, dari tiga menjadi empat orang.

Lantas, siapa saja Jenderal Polisi yang sudah dapat jabatan sipil hingga pertengahan tahun 2024? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Jenderal Polisi yang Dapat Jabatan Sipil 2024

1. Komjen Pol Setyo Budiyanto

Setyo Budianyo adalah Perwira Tinggi (Pati) Polri yang diangkat menjadi Inspektur Jenderal di Kementerian Pertanian. Prosesi pelantikannya dilakan pada 22 Maret 2024 silam.

Pada momen tersebut, Menteri Pertanian Andri Amran Sulaiman berharap Setyo Budiyanto dapat mengedepankan upaya preventif untuk mengantisipasi tindak pidana korupsi.

Mentan juga meminta Irjen Kementan yang baru dapat menyelesaikan masalah pasca kasys yang belakangan menyeret sejumlah nama di Kementerian Pertanian.

“Bapak pernah di kepolisian, Bapak pernah di KPK, pasti Bapak tahu apa yang harus dilakukan. Saya minta perkuat kolaborasi dengan berbagai pihak. Kami ingin kita lebih baik dari lima tahun sebelumya,” ujar Andi, dikutip dari laman Kementan, Kamis, 13 Juni 2024.

Kurang dari satu bulan setelah pelantikan. Setyo Budianto naik pangkat dari Inspekstur Jenderal (Irjen) menjadi Komisaris Jenderal (Komjen).

Sebelum dilantik sebagai Irjen Kementan, lulusan Akpol 1989 ini pernah menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara. Jabatan tersebut diemban sejak 14 Oktober 2022.

Selain itu, Komjen Pol Setyo Budiyanto juga pernah menjabat sebagai Direktur Penyidikan KPK di tahun 2020. Kemudian menjadi Kapolda NTT pada tahun 2021, sebelum akhirnya dimutasi menjadi Kapolda Sulut.

2. Komjen Pol Reynhard SP Silitonga

Jenderal Polisi yang dapat jabatan sipil 2024 berikutnya adalah Komjen Pol Reynhard SP Silitoga. Pada 5 April 2024 lalu, Reynhard dilantik menjadi Irjen di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Setelah menduduki jabatan sipil di Kemenkumham, Pati Polri itu naik pangkat dari Irjen menjadi Komjen.

Pria kelahiran 8 September 1967 ini sebelumnya pernah menjabat sebagai Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham pada tahun 2020. Di tahun yang sama, ia juga menduduki jabatan Widyaiswara utama Sespim Lemdiklat Polri.

Beberapa jabatan strategis di Polri yang pernah diduduki Reynhad, yakni Dirresnarkoba Polda Sumut (2015), Dirresnarkoba Polda Jateng dan Kabagbanhatkum Divkum Polri (2016), dan Irbidjemen SDM II Itwil V Itwasum Polri (2018).

3. Irjen Pol Risyapudin Nursin

Terakhir, ada Irjen Pol Risyapudin Nursin yang baru saja dilantik menjadi Direktur Jenderal Perhubungan Darat di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Prosesi pelantikannya digelar pada 6 Juni 2024.

Sebelum menduduki jabatan sipil di Kemenhub, jenderal bintang dua ini sempat menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri. Jabatan tersebut diemban Riyaspudin Nursin sejak 14 Oktober 2022.

Lahir pada 15 November 1966 di Jakarta, Riyaspudin Nursin mengawali kariernya di kepolisian setelah lulus dari Akpol pada 1989.

Beberapa jabatan strategis yang pernah diduduki Irjen Riyaspudin Nursin selama kariernya, yakni Wakapolda Sulawesi Selatan (2018), Karojianstra Sops Polri (2018), Kakorbinmas Baharkam Polri (2020), dan Kapolda Maluku Utara (2020).

Demikian informasi tentang jenderal Polisi yang dapat jabatan sipil 2024. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.