Bagikan:

JAKARTA - Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang akan digelar di dua lokasi, yaitu Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan. Rencananya sejumlah tokoh nasional juga diundang untuk menghadiri upacara kemerdekaan.

"(Undangan mantan presiden) Itu masih diusulkan. Tadi Pak Presiden merekomendasikan para tokoh-tokoh untuk hadir, apakah di sini (Jakarta) dan IKN," kata Menko PMK Muhadjir Effendy setelah rapat persiapan upacara di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 10 Juni.

Muhadjir mengatakan, hingga saat ini masih belum terdapat daftar resmi terkait tokoh-tokoh yang akan diundang menghadiri upacara.

"Belum ada daftarnya, mungkin akan dipecah dua. Termasuk upacara di Taman Makam Pahlawan di Kalibata dan IKN Memorial," kata Muhadjir.

Sementara itu, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan bahwa para mantan presiden akan diundang lantaran pengabdian selama ini.

"Iya (mantan presiden) diundang. Pada prinsipnya, diundang ya tokoh-tokoh terutama yang ada hubungannya dengan istilahnya jasa mereka dalam merebut kemerdekaan dan juga pengabdian selama ini," jelas Yudian.