Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri belum menyampaikan sikap partainya di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dia masih akan mendengar suara akar rumput sebelum mengambil keputusan.

“Bagaimana sikap PDIP terhadap pemerintahan ke depan, tentu harus dicermati dengan seksama,” kata Megawati saat membuka Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Jumat, 24 Mei.

Megawati menegaskan suara akar rumput semuanya akan didengarkan tanpa terkecuali. “Dari yang berteriak-teriak sampai sayup-sayup dan terus berjuang bagi lembaga demokrasi yang sehat inilah bagian daripada skala prioritas di Rakernas V ini,” tegasnya.

Meski begitu, Presiden ke-5 RI itu tetap menyinggung perlunya penyeimbang untuk menyehatkan demokrasi ke depan. Kontrol tetap diperlukan terhadap pemerintahan yang sedang berjalan.

“Di dalam menyikapi politik ke depan sebagai partai yang memiliki sejarah panjang dalam memperjuangkan demokrasi kita tetap menempatkan penting adanya check and balance bahwa demokrasi memerlukan kontrol dan penyeimbang,” ungkap Megawati.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan sikap partai akan disampaikan ketika Rakernas V ditutup pada Minggu, 26 Mei.

“Bagaimana sikap politik terutama di dalam menghadapi atau di dalam mengawal transisi kepempinan kepada Presiden Prabowo Subianto tentu saja nanti akan disampaikan pada akhir pelaksanaan rakernas ini,” tegasnya kepada wartawan, Jumat, 24 Mei.

Djarot menyebut ada beberapa langkah yang bakal dilakukan sebelum partainya mengambil keputusan. Salah satunya adalah mengevaluasi sejumlah peristiwa politik yang terjadi dalam proses Pemilu 2024 dalam rakernas.

“PDIP setelah mengevaluasi dan mendengarkan pendapat umum dari DPD nanti akan merumuskan,” pungkas Djarot.