Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan partainya tak selalu berada di zona nyaman. Ia minta kadernya untuk menguatkan barisan.

Hal ini disampaikan Megawati berpidato politik pada pembukaan Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara pada Jumat, 24 Mei. Dia awalnya mengingatkan kadernya untuk solid setelah terjadi banyak kecurangan belakangan ini.

"Kita terus bergerak, bergerak, solid bergerak, solid bergerak, terus, terus, maju terus, maju terus. Tidak pantang mundur, untuk apa? mencapai kemenangan," kata Megawati di hadapan kader dan para undangan yang hadir.

"Untuk apa? supaya rakyat bisa menjadi benar-benar mempunyai kedaulatan rakyatnya," sambungnya.

Megawati kemudian menyinggung kesabaran revolusioner yang sering disampaikan Presiden Pertama RI sekaligus ayahnya, Soekarno atau Bung Karno. Presiden ke-5 RI itu bilang siapapun yang tak mau ikut arahannya untuk keluar dari partai.

Sebab, menjadi kader partai berlambang banteng perlu punya keteguhan dan kesabaran. "Siapa yang nggak mau ngikut? Ya iyalah. Sudahlah enggak zona nyaman, zona nyaman melulu," tegasnya.

Meski begitu, Megawati sempat menyebut partainya tak kenal dengan istilah oposisi maupun koalisi. Sebab, Indonesia adalah penganut sistem presidensial bukan parlementer.

Tapi, pemerintah tetap memerlukan sosok yang melakukan kontrol. Sehingga, perlu ada yang menjadi bagian penyeimbang.

"Sebagai partai yang memiliki sejarah panjang di dalam memperjuangkan demokrasi, kita tetap menempatkan penting adanya check and balance bahwa demokrasi memerlukan kontrol dan penyeimbang," pungkas Megawati.