Bagikan:

JAKARTA - Bus pariwisata pembawa rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Depok mengalami kecelakaan di Jalan Raya Ciater-Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu, 11 Mei 2024, pukul 18.45 WIB.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang menyampaikan data terkini sementara korban meninggal dunia berjumlah 11 orang.

"Sembilan korban anak-anak (yang ada di) rombongan bus, satu guru (juga) ikut rombongan bus, dan satu warga lokal," kata Kadinkes Kabupaten Subang, Maxy, saat dikonfirmasi di Bandung, Sabtu, 11 Mei 2024, malam WIB dilansir Antara.

Maxy menyebut total keseluruhan korban sebanyak 60 orang. Untuk korban yang meninggal dunia, kata dia, saat ini tengah dalam perjalanan ke RSUD Ciereng, Kabupaten Subang.

"Untuk korban luka berat ada 27 orang, luka sedang ada kurang lebih 13 orang," tuturnya lagi.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa saat ini sejumlah korban dilarikan ke beberapa fasilitas kesehatan di antaranya RSUD Ciereng, RS Hamori, Puskesmas Jalancagak, Puskesmas Palasari, Rumah Sakit PTPN Subang, dan RS Mitra Medika Tambakan.

Sebelumnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciereng, Kabupaten Subang, Jawa Barat, melaporkan menerima sembilan korban meninggal dunia dalam kecelakaan bus tersebut.

Direktur Rumah Sakit Daerah (RSUD), Subang Ahmad Nasuhi, mengatakan sesuai dengan laporan yang diterima, ada sembilan korban meninggal dunia akibat kecelakaan di Ciater yang dibawa ke RSUD tersebut.

Selain menerima korban meninggal dunia, pihak RSUD Subang juga tengah menangani korban luka berat.

Pihaknya berupaya maksimal dalam menangani para korban kecelakaan tersebut.

Namun, diakui sejumlah korban sudah dalam kondisi meninggal saat sampai di rumah sakit.

Nasuhi lebih lanjut mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit lain, yakni Rumah Sakit PTPN Subang dan Rumah Sakit Hamori untuk menangani korban luka berat.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Subang serta Dinas Kesehatan Kota Depok terkait dengan evakuasi korban meninggal dunia.

Pada Sabtu petang, bus pariwisata yang mengangkut rombongan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Lingga Kencana Depok mengalami kecelakaan di Jalan Raya Ciater-Subang, Kabupaten Subang.

Dalam kecelakaan itu, bus pariwisata bernomor polisi AD 7524 OG terguling dan para penumpang dilaporkan ada yang sampai berserakan di jalan.

Selain bus pariwisata, kecelakaan itu juga melibatkan satu minibus dan dua pengendara sepeda motor.