Siklus 4 Tahun Sekali, Bunga Bangkai Mekar di Kebun Raya Cibodas
Tanaman langka Bunga Bangkai mekar belum sempurna di Kebun Raya Cibodas (dok KRB)

Bagikan:

JAKARTA - Bunga Bangkai (Amorphophallus Titanum Becc) akan segera mekar sempurna di Kebun Raya Cibodas. Amorphophallus titanum adalah merupakan tumbuhan langka dan dilindungi yang memiliki siklus mekar sempurna setiap empat tahun sekali.

Diprediksi dalam minggu ini Bungai Bangkai akan segera mekar di Kebun Raya Cibodas Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur.

Tumbuhan dari famili talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatra itu diprediksi menjadi bunga bangkai tertinggi yang tumbuh di Indonesia.

Amorphophallus titanum Becc satu diantara sebelas koleksi bunga bangkai yang tumbuh di area koleksi bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas.

Kepala Koordinator Hortikultura pengelola Kebun Raya Cibodas, Latif dalam prediksinya Bunga Bangkai ini akan mekar sempurna tidak lama lagi pada minggu ini.

"Bunga Bangkai ini memiliki potensi menjadi bunga bangkai terbesar di Indonesia. Sebab berasal dari indukan bunga bangkai yang tingginya lebih dari empat meter," jelas Latif dalam keteranganya, Kamis 18 April

Koleksi bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas ini berasal dari Sungai Manau, Batang Suliti, Kawasan Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat.

Warna bunga bangkai sangat indah dengan panorama merah maroon pekat, walaupun mengeluarkan bau tak sedap ketika mekar sempurna bunga bangkai ini sangat cantik dan memesona.

Berdasarkan hasil pantauan Latif. Koleksi bunga bangkai dengan nomor koleksi 76, mulai keluar kuncup fase awal pertumbuhan nya 20 cm setiap Minggu, sekarang sudah bertambah 10 cm setiap minggunya, saat ini tingginya sudah mencapai 3 meter. Jadi kemu gkinan saat mekar sempurna nanti tingginya bisa lebih dari 3 meter.

General Manager Kebun Raya Cibodas, Joko Sulistio mengatakan akan mekarnya bunga bangkai di penghujung bulan April ini menjadi salah satu kado ulang tahun Kebun Raya Cibodas. Yang mana pada tanggal 11 April tahun 2024 ini merupakan hari jadi Kebun Raya Cibodas yang ke 172 tahun.

“Jika dilihat dari hasil data pengamatan yang dilakukan, semoga bunga bangkai dengan no koleksi 76 yang akan mekar pada tahun ini bisa lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Bunga bangkai tersebut terakhir berbunga bulan Maret 2020 dengan tinggi mencapai 291 cm dengan diameter kelopak (spatha) 119 cm.” imbuhnya.