Kebakaran Landa Gedung Ikonik Bursa Efek Lama Kopenhagen
ILUSTRASI UNSPLASH/Kopenhagen, Denmark/Lindsay Martin

Bagikan:

JAKARTA - Kebakaran melanda Bursa Efek Lama Kopenhagen, salah satu bangunan paling terkenal di ibu kota Denmark.

Sebagian atap runtuh dan api menjalar ke beberapa lantai gedung, kata kepala pemadam kebakaran Kopenhagen Jakob Vedsted Andersen kepada wartawan dilansir Reuters, Selasa, 16 April.

Belum ada laporan mengenai korban luka, kata polisi. Sementara orang-orang terlihat membawa lukisan keluar dari gedung untuk menyelamatkan benda bersejarah tersebut dari kobaran api.

"Foto-foto mengerikan dari Bursa. Sedih sekali. Bangunan ikonik yang sangat berarti bagi kita semua... Momen Notre-Dame kita sendiri," tulis Menteri Pertahanan Troels Lund Poulsen di X.

Asap pekat membubung di atas kota dan sirene terdengar saat layanan darurat dipanggil ke lokasi. Sekitar 90 anggota dari Royal Life Guards, membantu mengamankan barang-barang berharga, kata militer.

Bangunan bersejarah, yang puncak menaranya berbentuk ekor empat naga yang saling berjalin, sedang direnovasi saat kebakaran terjadi.

Bangunan bergaya Renaisans Belanda tidak lagi menjadi tempat bursa efek Denmark, namun berfungsi sebagai kantor pusat Kamar Dagang Denmark.

“Kami saat ini bekerja keras untuk menyelamatkan seni sejarah kami dari Bursa,” tulis Kamar Dagang di X.