Volume Kendaraan di  GT Cikampek dari Tol Trans Jawa Capai 113.452 Selama Lebaran Ini
Kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol Kalikangkung Jawa Tengah pada Sabtu (13/4/2024). (foto: dok. antara )

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melaporkan lonjakan signifikan volume kendaraan yang masuk ke Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan gerbang tol utama lainnya selama periode 10-12 April 2024.

Menurut pernyataan resmi dari Wakil Presiden Sekretaris Perusahaan dan Hukum PT JTT, Ria Marlinda Paallo, jumlah kendaraan yang memasuki GT Cikampek Utama dari arah timur Trans Jawa mencapai 113.452 unit dalam rentang waktu tersebut.

"Kami mencatat terjadi peningkatan volume lalu lintas kendaraan di sejumlah gerbang tol utama," kata VP. Corporate Secretary and Legal PT JTT Ria Marlinda Paallo dalam keterangan tertulis di Semarang, Sabtu

Peningkatan ini mencerminkan lonjakan sebesar 46,85 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal, yang sebelumnya hanya sekitar 77.256 kendaraan.

Tidak hanya di GT Cikampek Utama, tapi juga terjadi peningkatan signifikan di gerbang tol lainnya. Misalnya, di GT Kalikangkung, tercatat 79.474 kendaraan menuju Jakarta atau naik 72,63 persen dari lalu lintas normal. Sementara itu, di GT Banyumanik, jumlah kendaraan menuju Jakarta mencapai 98.407 kendaraan atau naik 104,39 persen dibandingkan lalu lintas normal.

"Sedangkan untuk kendaraan menuju wilayah timur Trans Jawa tercatat sebanyak 165.958 kendaraan atau naik 106,35 persen dari lalu lintas normal sebanyak 80.426 kendaraan," katanya

Untuk arah yang berlawanan, menuju wilayah timur Trans Jawa, juga terjadi lonjakan lalu lintas yang mencolok. Sebanyak 165.958 kendaraan menuju wilayah tersebut, naik 106,35 persen dari lalu lintas normal sebanyak 80.426 kendaraan.

"Untuk kendaraan yang menuju Solo sebanyak 144.578 kendaraan atau naik 137,34 persen dari lalu lintas normal sebanyak 60.915 kendaraan," kata dia.

VP PT JTT juga menekankan pentingnya persiapan bagi pengguna jalan tol sebelum memulai perjalanan. Dia menyarankan agar memastikan kendaraan dan diri dalam kondisi prima, mempersiapkan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan.

Dengan lonjakan lalu lintas yang signifikan selama periode liburan ini, perhatian ekstra diperlukan untuk memastikan keselamatan dan kelancaran perjalanan. Semua pengguna jalan diharapkan untuk mematuhi aturan dan bersikap waspada selama bepergian.

"Pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan," kata dia