Bukan Bobby The Cat, 19 Kucing Liar di Istana Meksiko Berubah Status Jadi 'Aset' Resmi Negara
Ilustrasi kucing Photo by Agape Trn on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Nasib 19 kucing liar yang biasa berkeliaran di Istana Nasional Meksiko sungguh sangat beruntung. Mereka masih boleh berkeliaran di taman istana atau menjadi cameo dalam konferensi pers yang disiarkan televisi.

Para kucing ini juga masih boleh menyambut turis di depan pintu.

Tapi status mereka sekarang naik kelas.

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador mendeklarasikan mereka sebagai “aset tetap yang hidup”. Artinya, mereka menjadi hewan pertama di Meksiko yang menerima gelar tersebut, dilansir dari NBC News.

Biasanya istilah investasi “aset tetap” berlaku untuk bangunan. Namun karena kini kucing pun sudah mendapat strata itu, artinya pemerintah López Obrador telah mewajibkan Departemen Keuangan untuk memberi mereka makanan dan perawatan selama sisa hidup mereka, bahkan setelah pemimpinnya meninggalkan jabatannya. pada bulan Oktober.

“Kucing-kucing itu kini menjadi simbol Istana Nasional. Sama seperti kita memahami dunia ini, saya tidak akan memahami Istana Nasional tanpa kehadiran kucing-kucing ini,” kata Adriana Castillo Román, direktur umum Konservasi Istana Nasional dan Warisan Budaya.

“Kita harus memastikan kucing-kucing itu dirawat.”