Bagikan:

YOGYAKARTA - Aturan bagasi kereta cepat Whoosh perlu banget untuk kita ketahui ketika hendak menaiki transportasi itu. Lantas, aturannya apa saja? Yuk kita ulas di sini!

Pasalnya, Whoosh adalah kereta api berkecepatan tinggi pertama di negara kita yang bisa menempuh perjalanan 350 Km/h. Wow!

Kereta cepat ini menghubungkan Tegalluar di Bandung dengan Halim di Jakarta Timur. Apabila ingin membawa barang banyak ketika hendak menaiki kereta ini, kalian wajib banget mengetahui aturannya.

Aturan Bagasi Kereta Cepat Whoosh

kereta diperbolehkan bawa makanan, minuman, kursi roda, sepeda lipat, serta laptop. Mengutip Instagram@keretacepat_id, berikut merupakan ketentuan barang bawaan penumpang di kereta cepat Whoosh yang lebih lengkap, yaitu:

  1. Berat maksimal barang bawaan yang boleh dibawa oleh tiap penumpang 20 kg.
  2. Total panjang, tinggi, serta lebar tiap benda maksimal 130 centimeter tanpa dikenakan biaya tambahan.
  3. Barang bawaan yang melebihi berat ataupun dimensi yang sudah didetetapkan tidak diperkenankan dibawa ke dalam kabin Kereta Cepat.
  4. Bila barang bawaan melebihi berat ataupun dimensi yang sudah ditetapkan, maka akan dihitung bea tambahan 5% dari tarif tiket per kilogram.
  5. Pembayaran kelebihan barang bawaan dilakukan di stasiun.
  6. Pengguna diperbolehkan membawa kereta bayi, kursi roda manual, tongkat alat bantu jalan, cat kuku, penghapus cat kuku, serta cat rambut yang maksimal 20 ml. Ada pula semprotan yang bertekanan (aerosol) maksimal 120 ml.
  7. Bagasi sepeda yang dapat dibawa langsung ke dalam kabin kereta yaitu tipe sepeda lipat dengan berat maksimal 20 kilogram serta ukuran diameter roda maksimal 22 inci.
  8. Barang bawaan ditempatkan pada rak bagasi ataupun di tempat lain yang tidak mengusik serta membahayakan penumpang lain.
  9. PT KCIC tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan ataupun kehilangan benda bawaan pengguna.
  10. Kerusakan pada Kereta Cepat yang diakibatkan oleh barang bawaan penumpang jadi tanggung jawab penumpang serta wajib membayar ganti rugi.

Barang yang tidak boleh dibawa mencakup:

  • Hewan.
  • Narkoba serta zat adiktif lainnya.
  • Senjata api serta senjata tajam.
  • Papan selancar.
  • Semua benda yang gampang terbakar ataupun meledak.
  • Seluruh barang yang berbau busuk, amis, serta bisa mengusik kesehatan ataupun kenyamanan penumpang lainnya.
  • Barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan.

Aturan barang bawaan penumpang di Whoosh yang dibahas di atas dapat dijadikan selaku acuan buat bepergian. Dengan begitu, maka perjalanan yang dilakukan berlangsung dengan lancar.

Aturan Saat Lebaran

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menerapkan aturan terkait barang bawaan yang dapat dibawa oleh penumpang selama libur Lebaran 2024.

Kebijakan itu dilakukan untuk memastikan keselamatan perjalanan serta menjaga kenyamanan seluruh penumpang Kereta Cepat Whoosh.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, setiap penumpang hanya boleh membawa bagasi sebanyak tiga barang dengan dimensi maksimal, yaitu 100 cm x 30 cm x 40 cm dengan berat total maksimum 20 kg.

Adapun ketiga barang tersebut berupa dua koper atau dus dan satu ransel atau tas tangan.

"Pengaturan ini kami lakukan untuk memastikan penumpang dapat tetap bergerak secara nyaman dan leluasa saat berpindah dari ruang tunggu, ke x-ray hingga ke kereta Whoosh. KCIC juga berupaya memastikan seluruh penumpang mendapatkan kenyamanan yang sama saat membawa barang," kata Eva dikutip dari ANTARA, Selasa, 2 April. Lebih lengkapnya silahkan baca “Aturan Naik Kereta Cepat Selama Libur Lebaran”.

Jadi setelah mengetahui aturan bagasi kereta cepat Whoosh, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!