Sering Memangsa Ayam Milik Warga, Ular Sawa 4 Meter Dievakuasi DPKP Palangka Raya
Tiga instansi yakni ke Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Palangka Raya, Basarnas dan Satpol PP/DOK ANTARA

Bagikan:

PALANGKA RAYA - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), dibantu Basarnas dan Satpol PP kota setempat, mengevakuasi ular sawa sepanjang 4 meter yang memangsa ayam milik warga di dalam kandang.

Komandan Rescue Damkar Kota Palangka Raya Sucipto mengatakan, evakuasi ular sawa sepanjang 4 meter tersebut dilakukan di Jalan Tangkuhis Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya pada Sabtu malam kemarin. 

"Kami berhasil mengamankan ular sawa yang panjangnya 4 meter setelah ada laporan dari warga. Makanya evakuasinya langsung personel Damkar, Satpol PP dan Basarnas Kota Palangka Raya, dan dibantu warga, akhirnya bisa menangkap ular tersebut," katanya di Palangka Raya, Antara, Minggu, 24 Maret. 

Sucipto yang juga Koordinator Call Center 112 Palangka Raya menyampaikan bahwa ular tersebut diduga mencari makan lantaran ekosistem makannya rusak, kemudian terpaksa menyerang ternak atau hewan peliharaan milik warga setempat.

"Satu ekor yang memangsa ternak ayam, karena tempat ular mencari makan diduga tidak ada lagi," ucap Sucipto.

Dia mengungkapkan setelah diamankan, ular tersebut dibawa ke Pos Rescue Damkar dan dilepaskan kembali ke alam liar, jauh dari permukiman penduduk.

"Kami nantinya lepas liarkan ular tersebut ke habitatnya. Saya juga sampaikan kepada warga, jika ada temuan ular segera laporkan dan jangan dievakuasi sendiri jika tidak mengetahui tekniknya. Karena, bisa membahayakan kalau mengevakuasi sendiri," beber Sucipto.

Sementara itu, berdasarkan keterangan pemilik ternak, Kasmaji, ular tersebut sudah beberapa kali memangsa ternak miliknya. Namun, selalu lolos saat hendak ditangkap.

"Ya sering memangsa ternak milik saya. Nah pas kejadian ini kepergok langsung, saya meminta bantuan Damkar dan lainnya untuk menangkap," kata  Kasmaji.