Prabowo Janji Jadi Presiden untuk Seluruh Rakyat: Beri Kesempatan Membuktikan Bekerja Sekeras-kerasnya
Capres Prabowo Subianto bersama elite parpol Koalisi Indonesia Maju/FOTO: Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Capres Prabowo Subianto menegaskan dirinya bersama cawapres Gibran Rakabuming Raka akan menjadi pemimpin negara untuk seluruh rakyat Indonesia. Perbedaan pilihan pada Pemilu 2024 harus diakhiri untuk bersama-sama kembali bersatu.

“Saudara-saudara sekalian, sekali lagi saya katakan kita telah dipilih oleh rakyat Indonesia. Mandat rakyat Indonesia adalah di tangan kami. Tapi kami akan menjadi presiden dan wakil presiden pemerintah untuk seluruh rakyat Indonesia. Bagi mereka yang tidak memilih kami, berilah kesempatan kami, kami akan buktikan, kami akan jadi presiden wakil presiden. Pemerintah yang akan bekerja yang sekeras-kerasnya untuk seluruh rakyat Indonesia,” kata Prabowo dalam pidatonya di Kertanegara, Jakarta, Rabu, 20 Maret malam.

Pemilu sudah usai, karenanya Prabowo meminta masyarakat kembali bersatu tanpa lagi membuat sekat perbedaan.

“Semua pilihan rakyat adalah harus kita hormati. Yang memilih 02 kita hormati, yang memilih 01 kita hormati, yang memilih 03 kita hormati. Kita bersatu,” tegas Prabowo.

 

KPU menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sebagai pemenang Pemilu 2024.

Penetapan itu berdasarkan Berita Acara KPU Nomor 218 /PL.01.08-BA/05/2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, Anggota DPD, serta Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2024.

"Jumlah suara sah pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, H Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebanyak 96.214.691 suara," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari di kantor KPU, Jakarta, Rabu, 20 Maret.

Perolehan suara pasangan Prabowo-Gibran unggul di 66 dari 128 kantor panitia pemilihan luar negeri (PPLN).

Selain itu, Prabowo-Gibran juga unggul di 36 provinsi, kecuali Aceh dan Sumatera Barat yang dimenangkan pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, Anies-Muhaimin memperoleh 40.971.906 suara.

Sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 27.040.878 suara. Total suara sah Pemilu Presiden 2024 adalah 164.227.475 suara.