Bagikan:

JAKARTA - KRI Diponegoro-365, sebagai bagian dari MTF 448 UNIFIL, telah menguji kemampuannya melalui serangkaian latihan bersama dengan kapal perang NATO di perairan Mediterania. Pada Senin 11 Maret 2024, KRI Diponegoro-365 melakukan latihan bersama dengan kapal perang Italia, ITS Carlo Bergamini F-590, di Area of Maritime Operation (AMO) di lepas pantai Lebanon.

Berbagai jenis latihan dilakukan, termasuk Helo Ops, Maneuvering Exercise, Mailbag Transfer, dan Photex. Tujuan dari latihan ini adalah untuk memperkuat hubungan bilateral antara TNI AL dan angkatan laut NATO, meningkatkan pemahaman bersama tentang prosedur, serta melatih kemampuan para prajurit dalam berbagai situasi latihan bersama.

Komandan Comando Prima Divisione Navale - COMDINAV UNO, RDML Stefano Frumento, yang memimpin langsung latihan tersebut, menyampaikan apresiasi kepada KRI Diponegoro-365 atas kerjasama yang baik. Ini menunjukkan semakin eratnya hubungan antara TNI AL dengan Regia Marina (Angkatan Laut Italia).

Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII/O UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Selasa, 12 Maret, menjelaskan bahwa latihan ini merupakan respons terhadap permintaan dari ITS Bergamini dan juga merupakan evaluasi terhadap kemampuan dan profesionalisme KRI Diponegoro-365 di antara unsur-unsur MTF yang terlibat.

Latihan bersama semacam ini tidak hanya meningkatkan keterampilan operasional, tetapi juga memperkuat kerja sama antara angkatan laut dari berbagai negara. Hal ini menjadi langkah penting dalam menjaga keamanan dan stabilitas di wilayah perairan yang strategis seperti Laut Mediterania. Dengan demikian, partisipasi KRI Diponegoro-365 dalam latihan ini tidak hanya menjadi pembuktian kemampuan, tetapi juga menunjukkan komitmen Indonesia dalam mendukung upaya-upaya perdamaian dan keamanan global.