Pasar Jaya Pastikan Sembako Murah Tersedia Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional
Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Agus Himawan dalam rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta (foto: dok. antara )

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus meneguhkan komitmennya untuk membantu meringankan beban warga menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), khususnya Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1445 H/2024 M, dengan menggelar program sembako murah. Program ini diselenggarakan bekerja sama dengan perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti Pasar Jaya, Dharma Jaya, dan Food Station Tjipinang.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Agus Himawan, menyampaikan bahwa program sembako murah ini bertujuan untuk membantu warga memperoleh bahan pangan dengan harga terjangkau dan berkualitas.

"Program sembako murah Pemerintah Provinsi DKI bertujuan untuk membantu meringankan beban warga menjelang HBKN dan tingginya harga pokok," kata Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Agus Himawan kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Paket sembako murah yang disediakan terdiri dari satu kantong beras premium lima kilogram (kg), dua botol minyak goreng satu liter, gula satu kg, tepung terigu satu kg, dan satu tas kemasan, dengan harga Rp100 ribu per paket.

Dalam upaya memastikan ketersediaan sembako murah, Perumda Pasar Jaya telah mendistribusikan sebanyak 16.500 paket sembako di 14 lokasi wilayah DKI Jakarta hingga awal Maret 2024. Lokasi distribusi mencakup berbagai daerah seperti Pulau Tidung Besar, Kecamatan Tanah Abang, Kedai Swadharma, Kelurahan Tanjung Priok, dan lainnya.

Agus juga menjelaskan bahwa dalam catatan stok komoditi gerai Pasar Jaya, tersedia berbagai jenis sembako seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, daging ayam, daging sapi, dan gula pasir. Stok ini tidak hanya berasal dari Pasar Jaya, tetapi juga dari pedagang lainnya serta stok pangan murah bersubsidi.

"Dalam catatan stok tersebut tidak termasuk stok di pedagang, tidak termasuk stok pangan murah bersubsidi dan stok per Maret 2024," jelasnya.

Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan target pendistribusian 44 kecamatan dalam rentang waktu Februari hingga April 2024. Dengan adanya program sembako murah ini, diharapkan warga DKI Jakarta dapat merasa terbantu dalam memenuhi kebutuhan pangan menjelang Ramadan dan Idul Fitri.