Jasamarga: Lebih Dari 520 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek
Ilustrasi lalu lintas di Jakarta. (foto: x @TMCPoldaMetro)

Bagikan:

 

JAKARTA - PT Jasamarga (Persero) Tbk mencatat lebih dari 520 ribu kendaraan meninggalkan wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi atau Jabodetabek per 8-10 Maret 2024 atau H-3 sampai dengan H-1 Hari Raya Nyepi 2024.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga, Lisye Octaviana, menyebut jumlah itu merupakan pendataan kendaraan yang melintasi empat gerbang tol.

"Sebanyak 520.890 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 s.d H-1 Hari Raya Nyepi 2024," ujar Lisye dalam keterangannya, Senin, 11 Maret.

Ratusan ribu kendaraan itu melintasi Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa arah merak, GT Ciawi arah Puncak, GT Cikampek Utama arah Trans Jawan dan GT Kalihurip Utama arah Bandung.

Dengan angka itu, kata Lisye, bisa dikatakan bila terjadi peningkatan volume kendaraan daripada biasanya.

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 24,12 persen jika dibandingkan lalin normal," sebutnya.

Di sisi lain, Lisye mengibau masyarakat untuk menaati rambu lalu lintas dan petugas yang telah disiagakan. Semua demi keselamatan para pengendara.

"Jasa Marga terus mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun kondisi pengendara dalam keadaan prima, pastikan juga kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas," kata Lisye.