Bagikan:

SAMARINDA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah terus menggenjot penggunaan transportasi massal agar penggunaan kendaraan pribadi terus berkurang, demi mengurangi kemacetan kota.

"Kemacetan kerap terjadi di berbagai kota, termasuk saya melihat sendiri seperti Samarinda, Balikpapan, dan Banjarmasin," ujar Jokowi saat meresmikan Terminal Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur dilansir ANTARA, Rabu, 28 Februari.

Presiden menekankan pentingnya pengembangan transportasi umum sebagai upaya mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan pribadi.

"Di Jakarta sudah ada kereta rel listrik, moda raya terpadu, kereta cepat, bahkan Trans Jakarta. Itu pun masih macet di semua titik," ungkap Jokowi.

Presiden juga mengapresiasi transformasi yang terjadi pada terminal Samarinda Seberang. "Dulunya kumuh dan tidak tertata, sekarang telah berubah menjadi bersih, rapi, dan tertata, berdasarkan laporan Wali Kota Samarinda," tambahnya.

Dengan adanya terminal baru ini, diharapkan masyarakat akan lebih banyak menggunakan transportasi umum, yang tidak hanya akan mengurangi kemacetan tetapi juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

Terminal Samarinda Seberang melayani rute ke Balikpapan hingga Banjarmasin. "Peresmian terminal ini, sebagai salah satu upaya kita untuk dapat mengurangi kemacetan di semua kota," tutup Jokowi, sebelum mengakhiri sambutannya dengan ucapan basmalah.

 Peresmian Terminal Samarinda Seberang ditandai dengan penekanan tombol klakson dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi.