Bagikan:

YOGYAKARTA - Umroh merupakan salah satu ibadah mulia yang cukup besar diminati oleh masyarakat muslim Indonesia. Buat penuhi kebutuhan umat muslim dalam melaksanakan ibadah umroh saat ini terdapat banyak sekali travel agen yang menawarkan jasanya. Ingin tahu bagaimana cara cek travel umrah resmi?

Tetapi, banyaknya para biro travel tersebut tidak serta merta memberikan keuntungan untuk para tamu-tamu Allah. Kenyataannya, masih saja kita temukan permasalahan penipuan ataupun hal-hal yang bersifat merugikan calon jamaah umroh oleh segelintir biro travel agen nakal.

Untuk mengantisipasi terbentuknya permasalahan penipuan yang dicoba oleh travel agen nakal kami menghimbau kepada seluruh masyarakat yang bakal melakukan ibadah umrah wajib berjaga-jaga serta selektif dalam memilah travel umroh. Selaku wujud kehati-hatian tersebut hal pertama yang wajib dilakukan yakni mencari informasi tentang jasa travel yang bakal membersamai kita menuju Baitullah.

Langkah dini yang dapat dilakukan yaitu memastikan biro travel umroh telah mempunyai izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Nah, untuk Kalian yang belum tahu gimana mengecek izin travel umroh, berikut 2 cara cara mudah yang dapat dicoba secara online;

Cara Cek Travel Umrah Resmi

1. Cek Izin Travel Umroh Lewat Situs Kementerian Agama

Triknya lansung saja buka web kemenag.go.id (website resmi Kementerian Agama).

Sehabis wesbsitenya terbuka silakan ketik nama biro travel umroh di kolom pencarian yang ada, kemudian setelah itu klik tombol cari PPIU.

Nah, bila travel umroh yang di cek betul- betul terdaftar resmi di Kementerian Agama Republik Indonesia, maka bakal muncul informasi secara perinci terpaut biro travel umroh tersebut.

Mulai dari nama perusahaan, no SK (no izin PPIU), status akreditasi, nama direktur, dan kontak serta alamat lengkap kantornya. Tetapi bila informasi yang dimaksud tidak muncul di website resmi Kementerian Agama (Kemenag) maka bisa dipastikan agent travel umroh yang bersangkutan belum mempunyai izin selaku Penyelenggara Perjalanan Iabdah Umrah.

2. Cek Izin Travel Umroh Lewat Aplikasi Umrah Cerdas

Seain melali website Kementerian Agama, mengecek izin travel umroh yang kedua dapat dilakukan lewat aplikasi Umrah Cerdas. Caranya silakan instal aplikasi Umrah Cerdas ke smart phone kalian terlebih dahulu. Sehabis aplikasinya terinstal sempurna langsung saja open/ buka. sehabis apilkasinya terbuka, pada halaman utamanya silakan Kalian pilih menu PPIU.

Buat mempermudah Kalian mengecek izin travel umroh sesuai kemauan silakan ketik ataupun masukan nama travelnya di kolom "Cari PPIU".

Nah... bila jasa travel perjalanan umroh yang Kalian cek telah mengantongi izin resmi selaku Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah( PPIU) dari Kementerian Agama maka bakal muncul data-datanya pada aplikasi Umrah Cerdas ini secara detail.

Selain itu demi menaati aturan ibadah umrah, baca juga: “Kemenag Tak Anjurkan Umrah Gaya Backpacker” untuk tahu alasannya.

Jadi setelah mengetahui cara cek travel umrah resmi , simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!