Pj Gubernur Sulsel Paparkan Rencana Pembangunan ke Jokowi
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, didampingi wali kota, bupati dan forkopimda, memberikan keterangan usai pertemuan dengan Presiden Jokowi di Jakarta, Selasa (27/2/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel)

Bagikan:

MAKASSAR -  Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin, memaparkan rencana pembangunan daerah di hadapan Presiden Joko Widodo, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, di Istana Negara, Jakarta.

Pj Gubernur Bahtiar, mengatakan pertemuan dengan Presiden Jokowi dan sejumlah menteri, fokus membicarakan rencana konsep pembangunan Makassar dan Kawasan Mamminasata, yang perencanaannya sudah dimulai sejak tahun 2011.

"Hari ini kami tambahkan Pangkep, Makassar dan sekitarnya ini terkoneksi dari sisi daratan dan ada juga koneksi dari sisi laut, karena ada juga Geopark Maros Pangkep," katanya dilansir ANTARA, Selasa, 27 Februari.

Pj Gubernur Sulsel pada pertemuan itu didampingi Kapolda Sulsel, Pangdam Hasanuddin, Pangkoopsud II, Kajati Sulsel, Wali Kota Makassar, Bupati Gowa, Pj Bupati Takalar, Bupati Maros dan Bupati Pangkep.

Bahtiar mengungkapkan Presiden Jokowi meminta dirinya bersama lima kepala daerah dan Forkopimda Sulsel untuk membangun kawasan Kota Makassar dan sekitarnya.

"Supaya menjadi kota yang nyaman, sehat kemudian ekosistemnya dibangun, baik sistem ekonominya, sistem sosialnya termasuk bisnis, dan Makassar ini adalah pintu gerbang Indonesia Timur yang menjadi pusat perdagangan Indonesia Timur dan penopang IKN ke depan.

Dia mengatakan, bahan-bahan pangan yang akan dikirim ke IKN itu dari Makassar. Oleh karena itu, Kawasan Makassar dan sekitarnya itu harus terintegrasi dengan jaringan transportasi yang memadai, transportasi kereta api, maupun transportasi tol, serta jalan lingkar Makassar supaya tidak terjadi kemacetan.

"Karena yang paling dekat potensi pertanian, paling besar peternakan, yang terdekat dari IKN itu justru Makassar. Jadi ketika IKN beroperasi, yang paling menikmati adalah Makassar dan sekitarnya, Provinsi Sulawesi Selatan," kata Bahtiar.

Pj Gubernur Sulsel juga menyampaikan terima kasih atas nama masyarakat, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, atas nama pemerintah daerah dan kawan-kawan penyelenggaraan negara yang bertugas di Sulawesi Selatan, TNI, Polri dan Kejaksaan.

Ia juga berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang mewujudkan mimpi masyarakat Sulsel untuk memiliki stadion. Pada tahun ini akan dibangun stadion sepak bola di Makassar.

Sementara kawasan Bandara Makassar dan sekitarnya akan menjadi kota baru dan ini menjadi penyemangat buat kami masyarakat Sulawesi Selatan.

"Kami berterima kasih kepada Bapak Presiden yang memberikan perhatian yang begitu tinggi terhadap pembangunan di Provinsi Sulawesi Selatan," tuturnya.