Bagikan:

YOGYAKARTA - Sejumlah pemimpin negara memberi ucapan selamat kepada Prabowo Subianto atas perolehan suara tertinggi dalam Pemilu 2024. Meski hasil final rekapitulasi suara belum diumumkan oleh KPU, pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran sudah unggul dalam hasil quick count berbagai lembaga survei.

Dari pantauan tim voi.id di situs pemilu 2024.kpu.go.id pada Senin (19/2) per pukul 13.00 WIB, data yang sudah masuk sebanyak 70.92% atau 583872 dari 823236 TPS yang ada di seluruh Indonesia. Hasil tersebut juga menunjukkan Prabowo-Gibran mendapat suara terbanyak sebesar 58.39%, sedangkan Anies-Cak Imin 24.33% dan Ganjar-Mahfud hanya 17.28%. 

Prabowo-Gibran sudah berada di atas angin bakal menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode selanjutnya. Banyak tokoh besar dari luar negeri pun mengikuti kontestasi Pemilu di tanah air. Lantas siapa pemimpin negara yang sudah ucapkan selamat ke Prabowo Subianto setelah perhitungan quick count?

Daftar Pemimpin Negara yang Sudah Ucapkan Selamat ke Prabowo Subianto 

Prabowo Subianto dikenal sebagai tokoh penting militer Indonesia yang cukup dipandang di kancah internasional. Jabatannya sebagai Menteri Pertahanan pun membuat dirinya sering menjalin kerja sama dan hubungan diplomasi dengan pemerintahan negara lain di berbagai belahan dunia. 

Ketika Prabowo maju sebagai capres dan memperoleh suara terbanyak pun, kabarnya langsung menarik perhatian sejumlah negara. Berikut ini beberapa pemimpin negara yang memberi ucapan kepada Prabowo atas kemenangannya di Pemilu 2024:

Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi salah satu tokoh besar yang memberi ucapan selamat ke Prabowo dua hari setelah pelaksanaan pemungutan suara. Dalam keterangan tertulis, Presiden Putin mengatakan hubungan Indonesia-Rusia terjalin berlandaskan saling menghormati dan berhasil mengembangkan kerja sama di berbagai bidang.

"Yang terhormat Bapak Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat saya yang setulus-tulusnya atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilihan presiden," kata Putin, dikutip media pemerintah Rusia TASS pada Jumat (16/2).

PM Singapura Lee Hsien Loong

Prabowo Subianto juga menerima ucapan selamat dari Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Pemimpin negara tetangga tersebut berbicara langsung dengan Prabowo dan membahas pentingnya menjaga hubungan bilateral yang kuat dan positif. Keduanya juga sepakat mengenai perlunya melihat dan menyentuh bidang-bidang baru untuk kerja sama yang saling menguntungkan.

PM Belanda Mark Rutte

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte turut memberi ucapan selamat kepada Prabowo Subianto pada Jumat (16/2) atau dua hari setelah digelarnya Pemilu di tanah air. Pemimpin negeri kincir angin tersebut juga berharap Indonesia-Belanda menjadi negara yang terus bersahabat baik. 

“Saya ucapkan selamat Prabowo Subianto atas proyeksi hasil Pemilu Indonesia kemarin," kata Mark Rutte dalam akun X.

PM Australia Anthony Albanese

Pemimpin negara Australia tak ketinggalan juga menyampaikan selamat kepada Prabowo karena berhasil meraih suara tertinggi dalam Pemilu. PM Australia Anthony Albanese bahkan berkomunikasi langsung dengan Prabowo melalui telepon. 

"Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang berbicara hari ini dengan @prabowo, yang memiliki keunggulan jelas dalam penghitungan resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia - Indonesia," tulis Albanese melalui postingan di X.

PM Malaysia Anwar Ibrahim

PM Malaysia Anwar Ibrahim juga termasuk jajaran pemimpin negara yang menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto atas hasil suara yang didapatkan dalam Pemilu. Anwar Ibrahim berbicara langsung dengan Prabowo melalui sambungan telepon. Informasi ini juga diungkapkan oleh capres paslon 2 tersebut melalui unggahan akun Instagram. 

PM Inggris Rishi Sunak

PM Inggris Rishi Sunak juga menyampaikan selamat kepada Prabowo atas kemenangannya di Pilpres 2024. Duta Besar Inggris untuk RI, Dominic Jermey, datang ke rumah dinas Menteri Pertahanan di Widya Chandra Jaksel untuk menemui Prabowo dan memberi surat ucapan selamat. 

"Terima kasih, Bapak Prabowo, atas keramahtamahanmu kemarin. Senang rasanya mendiskusikan segala hal yang ada di depan dan hal-hal besar yang dapat dicapai bersama oleh negara kita. Saya merasa terhormat untuk menyampaikan surat ucapan selamat dari Rishi Sunak atas kesuksesanmu di Pemilu 2024," tulis Dominic seperti dilihat di X.

Jubir Deplu AS Matthew Miller

Negara adigdaya Amerika Serikat juga ikut menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto melalui Jubir Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller. Meski belum ada informasi ucapan dari Presiden AS Joe Biden, namun Matthew Miller sudah memberikan ucapan selamat. PM AS tersebut mengatakan siap bekerja sama dengan pemerintahan baru Indonesia. 

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih dan pemerintahan Indonesia berikutnya, serta lembaga legislatif, untuk mencapai prioritas bersama yang bermanfaat bagi masyarakat kedua negara, termasuk mengatasi perubahan iklim, memastikan kawasan Indo-Pasifik yang sejahtera dan aman, dan menjaga stabilitas internasional," tulis Miller dalam pernyataan itu, Kamis (15/2).

Demikianlah ulasan daftar pemimpin negara yang sudah ucapkan selamat ke Prabowo Subianto. Berbondong-bondong ucapan selamat diterima oleh Prabowo Subianto sejak suaranya dinyatakan paling tinggi dalam hasil quick count. Baca juga bagaimana arah diplomasi RI jika Prabowo jadi Presiden.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.