Kepala OIKN Cek Kesiapan TPS di Kawasan IKN
Kepala OIKN Bambang Susantono bersama Jajaran Otorita IKN, meninjau kesiapan TPS 1, di Desa Argo Mulyo, Sepaku, Kaltim, Selasa (13/2/2024). ANTARA/HO-OIKN

Bagikan:

PENAJAM  - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono meninjau kesiapan salah satu TPS di wilayah IKN, tepatnya TPS 1, di Desa Argo Mulyo, Kecamatan Sepaku, Kalimantan Timur (Kaltim).

Bambang mengatakan, meskipun pengaturan teknis Pemilu 2024 di kawasan Nusantara tetap menjadi ranah kerja KPU Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Pemerintah Kabupaten PPU, peran Otorita IKN tetap dibutuhkan sebagai fasilitator bagi para pekerja di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang akan menggunakan hak pilihnya saat pencoblosan.

“Kami (OIKN) mendorong kepada para pekerja yang berasal dari luar Kalimantan ingin menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum 2024," kata Bambang, di Ibu Kota Nusantara, Selasa.

Ia memastikan beberapa TPS telah siap untuk menjalankan pemilihan umum di IKN yang akan dilaksanakan esok hari pada tanggal 14 Februari 2024 berjalan lancar.

Bambang juga berharap agar partisipasi masyarakat dalam proses pemilihan dapat berjalan sukses dan demokratis.

Sebagai upaya menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 di IKN, OIKN bersama Kementerian PUPR, KPU Kabupaten PPU, Bawaslu PPU, Pemkab PPU, dan Manajemen Konstruksi Induk (MKI) IKN sebagai bagian dari satuan tugas (satgas) telah aktif dalam memberikan sosialisasi tata cara dan lokasi TPS kepada para pekerja.

Guna mengantisipasi pemilih tambahan dari pekerja pembangunan IKN, OIKN bersama KPU Kabupaten PPU, Bawaslu PPU, dan Pemkab PPU telah menetapkan dua tempat pemungutan suara (TPS) khusus, yakni TPS 901 dan TPS 902 yang berada di Rest Area Bumi Harapan Sepaku.

Adapun di TPS khusus, tercatat ada 304 Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang merupakan pekerja IKN. Jumlah tersebut terbagi menjadi dua, yakni 187 DPTb yang terdaftar di TPS 901, dan 117 DPTb yang terdaftar di TPS 902.