Ini Alasan Ganjar Singgung Bansos Saat Debat Capres
Foto Bambang VO

Bagikan:

JAKARTA - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mengungkapkan alasan mempertanyakan mengenai bantuan sosial (bansos) saat debat.

Menurutnya, permasalahan bansos saat ini sedang menjadi sorotan harus ada penyelesaian. Terlebih, persolan itu menyangkut hak seluruh masyarakat.

"Saya ingin memberikan pertanyaan aktual yang hari ini ada di publik, bahwa kewajiban negara dalam mindungi segenap warga rakyatnya salah satunya adalah pemberian bansos," ujar Ganjar usai debat capres di Jakarta Covention Center (JCC), Minggu, 4 Januari.

Tujuan lainnya agar masyarakat dapat mengetahui secara jelas soal permalasahan tersebut. Sebab, ada klaim dari pihak tertentu dalam pemberian bansos.

"Maka ketika terjadi klaim yang begitu masif, anggaran juga besar, dan pemberiannya frekuensinya lebih banyak lagi di awal-awal tahun ini, maka tentu saja kami menanyakan itu agar publik bisa tahu apa sebenarnya," ungkapnya.

"Ketika kemudian data juga belum terlalu bagus, ketika kemudian masih banyak masyarakat 'loh kok saya ngga dapat', gitu, dan sekarang semua sampaikan itu maka itu jadi pertanyaan," sambung Ganjar.

Sementara mengeni alasan pertanyaan itu hanya lontarkan kepada Anies Baswedan, Ganjar berdalih bila tak ada mendapat kesempatan untuk melakukan yang sama kepada Prabowo Subianto.

"Ya kalau kesempatan saya bertanya mungkin kepada Pak Prabowo pada kesempatan itu juga saya tanyakan. Ini menjadi perhatian publik. Sehingga publik akan tahu pada persoalan sebenarnya sepertu apa, karena itu adalah kewajiban negara," kata Ganjar.