Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi gelombang tinggi hingga empat meter akan melanda sejumlah perairan Indonesia pada Selasa 30 Januari mulai pukul 07.00 WIB.

Menurut data peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, gelombang tinggi dengan ketinggian mencapai 2,5 meter hingga 4 meter diprediksi akan terjadi di tiga perairan, yakni perairan Kepulauan Sangihe, perairan Kepulauan Talaud, serta Samudra Pasifik utara Halmahera.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar selalu waspada, khususnya bagi yang beraktivitas atau tinggal di sekitar perairan yang berpotensi mengalami gelombang besar.

Selain itu, gelombang sedang dengan ketinggian 1,25 meter hingga 2,5 meter juga diprediksi akan terjadi di Samudra Pasifik Utara Papua Barat hingga Papua, perairan utara Papua Barat hingga Papua, Laut Halmahera, perairan Halmahera, Laut Arafuru, perairan selatan Kepulauan KAI hingga ARU, perairan Kepulauan Sermata hingga Tanimbar, Laut flores, Laut Sumbawa, Laut Banda, Laut Maluku, perairan Bitung-Likupang, perairan Kepulauan Sitaro, serta Laut Sulawesi bagian timur.

Gelombang sedang juga akan terjadi di Laut Natuna, perairan Kepulauan Anambas hingga Natuna, Laut Natuna utara, Samudra Hindia selatan Banten hingga NTT,perairan Pulau Sawu hingga Kupang P. Rote, Laut Sawu, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, perairan selatan Bali hingga Pulau Sumba, perairan selatan Banten hingga Jawa Timur, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Samudra hindia barat Sumatera, perairan Bengkulu hingga barat Lampung, perairan barat Pulau Simeulue hingga Mentawai, perairan barat Aceh, perairan utara Sabang, hingga Selat Malaka bagian utara.

Untuk pola angin di wilayah Indonesia bagian utara akan bergerak dari utara ke timur laut dengan kecepatan angin 4-30 knot. Sedangkan di bagian selatan bergerak dari barat ke barat laut dengan kecepatan yang sama.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Malaka bagian utara, Laut Natuna utara, perairan Kepulauan Talaud, perairan Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar dan Laut Arafuru.