Atikoh: Pilih Pemimpin Lihat Programnya, Berkaitan atau Tidak dengan Sehari-hari
Siti Atikoh saat bersilaturahmi di Pondok Pesantren Gubug Al Munir, Lumajang, Jawa Timur, Kamis, 25 Januari (DOK Wardhany Tsa Tsia/VOI)

Bagikan:

LUMAJANG - Siti Atikoh yang merupakan istri dari capres Ganjar Pranowo mengingatkan masyarakat mempelajari program kerja yang ditawarkan para pasangan calon di Pilpres 2024 sebelum mencoblos.

Katanya, penting untuk memilih pemimpin yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari rakyatnya.

"Mau memilih pemimpin yang seperti apa? Rekam jejaknya dilihat, program-programnya juga dilihat,” kata Atikoh saat bersilaturahmi di Pondok Pesantren Gubug Al Munir, Lumajang, Jawa Timur, Kamis, 25 Januari.

“Apakah program-programnya itu bermanfaat untuk bapak ibu semua atau tidak, apakah berkaitan dengan bapak ibu atau tidak kesehariannya,” sambungnya.

Atikoh kemudian mencontohkan sejumlah program kerja yang dibawa pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain KTP Sakti untuk memudahkan akses bantuan sosial bagi penerima manfaat, nanti bakal ada penyederhanaan penyaluran logistik.

Program ini diharapkan bisa menekan harga kebutuhan tapi juga memberikan keuntungan lebih, misalnya bagi petani. Atikoh menyebut gagasan ini muncul karena penyaluran beras hingga ke pasar bisa melewati berbagai proses.

“Untuk beras sendiri, dari padi jadi beras harus melewati sembilan titik. Mulai dari panen nanti ada yg mengambil. Kemudian ada yang ngambil dikeluarkan lg lagi tengkulak. Tengkulak nanti ke pedagang besar, pedagang besar nanti ke (mana, red) jadi terlalu panjang,” tegasnya.

“Itu yang membuat terkadang harganya di tingkat petani sampai tingkat konsumen jauh sekali. Ini tentu perlu penyederhanaan,” pungkas Atikoh.