Bagikan:

JAKARTA - Pusat Studi Kebijakan Publik dan Politik (Pusdikppol) Jakarta mengeluarkan hasil survei di beberapa kota di Jawa Timur, termasuk Kabupaten Pacitan.

Manager Riset Pusdikppol, Junaidi Doni Luli, menyampaikan bahwa survei ini menjadi bagian dari studi kebijakan publik dan politik lokal di daerah-daerah dengan kekhususan, salah satunya Pacitan, yang berbatasan langsung dengan Jateng.

Dalam hasil survei, Pusdikppol mencatat tingginya kepuasan publik terhadap kinerja Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji. Selain itu, popularitas dan elektabilitasnya juga kuat di masyarakat.

Survei Random

Doni menjelaskan bahwa survei dilakukan dengan metode multiple random sampling, melibatkan 500 responden pada 1-7 Januari 2024, dengan margin of error 4,5% dan tingkat kepercayaan 95%.

"Mayoritas masyarakat Pacitan merasa puas dengan kinerja Bupati Indrata Nur Bayuaji, mencapai 83,8%. Ini mencerminkan tingkat kepercayaan publik yang tinggi terhadap kepemimpinan Bupati," ungkap Doni dalam keterangan tertulis yang diterima VOI Kamis, 18 Januari.

Kepuasan kinerja Bupati mencakup berbagai aspek, seperti infrastruktur, penanganan banjir, ekonomi, ketenagakerjaan, perdagangan, dan pemerintahan di bidang pariwisata. Kinerja di bidang layanan administrasi publik juga mendapat angka tinggi, mencapai 92%.

Doni menambahkan bahwa popularitas Indrata Nur Bayuaji sebagai Top of Mind Calon Bupati mencapai 44,8%, dan elektabilitasnya mencapai 41,6%, menunjukkan peluang besar untuk mempertahankan posisinya pada pemilihan bupati nanti.

Survei juga mengidentifikasi dukungan partai politik di Pacitan, di mana Partai Demokrat mendominasi dengan 58%, diikuti Gerindra, Golkar, PKB, PDI-P, NasDem, dan partai lainnya.

Sosok kepemimpinan Indrata Nur Bayuaji sebagai ketua DPC Demokrat turut mempengaruhi tingginya elektabilitas partai tersebut. Elektabilitas partai ini, ditambah dengan dukungan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memperkuat posisi Demokrat di Pacitan.

Dalam konteks elektabilitas calon presiden, survei menunjukkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendominasi dengan persentase 54,2%, mencerminkan tren politik yang mungkin berdampak pada Pilpres 2024.

Hasil survei Pusdikppol Pacitan memberikan gambaran komprehensif tentang sentimen publik di daerah tersebut, menjadi sumber informasi penting bagi pemangku kebijakan, analis politik, dan masyarakat umum untuk memahami dinamika politik menjelang pemilihan presiden dan bupati.