Bagikan:

KALSEL - Seorang warga yang mengalami masa pemulihan usai dirawat di rumah sakit (RS) pulang ke rumahnya dibantu evakuasi TNI-Polri menyusul banjir memutus akes jalan di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Curah hujan yang tinggi beberapa hari ini mengakibatkan banjir di wilayah Juai, bahkan salah satu warga yang pulang dari rumah sakit harus kami evakuasi untuk pulang ke rumahnya,” kata Danramil 1001-01/Juai Serma Dedy Herwandy di Balangan, Kalsel, Selasa 16 Januari, disitat Antara.

Evakuasi dilakukan anggota Koramil 1001-01/Kecamatan Juai dan Polsek Bangkalan. Mereka membopong warga itu menuju perahu dan melanjutkan perjalanan ke kediamannya di Desa Mungkur Uyam.

Danramil Dedy mengapresiasi aksi yang telah dilakukan para anggota di lapangan terutama Babinsa TNI AD usai mendapatkan laporan dari warga ada pasien yang membutuhkan bantuan di tengah banjir.

Dedy mengungkapkan, jalan penghubung dari Desa Sumber Rejeki menuju Desa Mungkur Uyam terputus akibat tinggi air mencapai 50-100 sentimeter dengan jarak tempuh kurang lebih 850 meter yang mengakibatkan mobil ambulans tidak bisa melintas.

“Hal ini merupakan kewajiban Babinsa untuk membantu warga di desa saat kondisi banjir masih menggenangi wilayah setempat,” ungkapnya.

Sementara itu, istri warga itu berterima kasih kepada para Babinsa TNI AD yang telah membantu suaminya.

“Semoga kehadiran TNI selalu ada di desa kami, terlebih saat kami para warga dalam masa kesulitan seperti ini,” ujar sang istri.