Pj Gubernur Jabar Bey Tegaskan Perdagangan Anjing untuk Konsumsi Ilegal
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin memberikan keterangan di Gedung Sate Bandung, Selasa (16/1/2024). (ANTARA/Ricky Prayoga)

Bagikan:

BANDUNG -  Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menegaskan perdagangan anjing untuk konsumsi, baik di Jawa Barat maupun dijual ke luar provinsi adalah ilegal.

Menurutnya, konsumsi daging anjing tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan.

"Kalau daging itu, kembali lagi pada Undang-Undang Pangan. Anjing bukan termasuk pangan, jadi ilegal," kata Bey saat menanggapi isu Jabar jadi penghasil anjing untuk konsumsi bagi sejumlah provinsi, di Gedung Sate, Bandung, dilansir ANTARA, Selasa, 16 Januari.

Namun demikian, Bey mengatakan Jawa Barat memang selama ini menjual anjing ke luar provinsi, tetapi bukan untuk konsumsi, melainkan untuk keperluan berburu.

"Harus diluruskan dulu, bahwa bukan daging anjing. Tetapi anjing pemburu. Di sini memang anjing pemburu dan hanya dikirim ke Sumatera Barat," katanya.

 

Bey mengatakan adapun penyelundupan anjing untuk konsumsi adalah ilegal dan sudah menjadi pidana, termasuk kasus di Jawa Tengah baru-baru ini.

"Kami juga memerlukan masukan masyarakat, kalau ada seperti itu laporkan pada kami, karena secara hukum tidak bisa dibenarkan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak lima orang tersangka penyiksaan 226 anjing ditangkap Polrestabes Semarang, beberapa waktu lalu.

Tersangka mengaku telah menjalani bisnis penjualan anjing ilegal ini selama 10 tahun.