Bagikan:

JAKARTA - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji akan memprioritaskan kesejahteraan tenaga kesehatan (nakes).

Janji ini disampaikan Anies Baswedan dalamDialog Nasional Komunitas Profesi dan Asosiasi Kesehatan (KOMPAK) dengan capres-cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa 16 Januari.

"Kesejahteraan nakes yang belum menjadi prioritas, saya rasa sudah saatnya untuk mengedepankan kesejahteraan para tenaga kerja di bidang kesehatan dan harus dikerjakan beriringan di lintas profesi bidang kesehatan," kata Anies dalam paparan secara virtual.

Anies berjanji akan meningkatkan peningkatan kesejahteraan tenaga medis dan tenaga kesehatan serta kepastian jenjang kariernya.

Untuk mencapai hal itu, Anies menekankan pentingnya koordinasi sekaligus pembahsan dengan asosiasi terkait untuk memastikan model tolak ukur peningkatan kesejahteraan.

"untuk itu harus disusun sama-sama dengan asosiasi agar alat ukur kinerja adalah alat ukur yang objektif sesuai dengan profesi," lanjut Anies.

Anies dalam paparan juga menyebut akan memberikan perlindungan tenaga kesehatan dan medis dari aspek tindakan kekerasan dan kriminalisasi.

Janji Anies meningkatkan kesejahteraan nakes  menjadi salah satu agenda strategis dalam pembangunan akses kesehatan yang berkualitas.

Ada enam agenda strategis di bidang kesehatan yang dijanjikan Anies yakni:

1. Penguatan peran puskesmas dan masyarakat 

2. Pelayanan rumah sakit

3. Kesejahteraan dan perlindungan tenaga kesehatan 

4. Pembiayaan kesehatan

5. Kemandirian farmasi dan alat kesehatan

6. Pengendalian penyakit dan ketahanan kesehatan