KAI Rekayasa Pola Operasi Pelayanan Usai Anjloknya KA Pandalungan di Stasiun Tanggulangin Sidoarjo
Sejumlah petugas KAI mengevakuasi KA Pandalungan yang anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (14/1/2024). ANTARA/HO-Instagram @jaki_jetbus

Bagikan:

SURABAYA - KAI Commuter melakukan rekayasa pola operasi pelayanan sejumlah perjalanan KA lokal atau Commuter Line. Salah satunya Penataran KA (432) relasi Blitar tujuan Surabaya Kota yang hanya berhenti di Stasiun Tanggulangin Sidoarjo akibat anjloknya KA Pandalungan.

"Kami mohon maaf atas pembatalan sebagian relasi Commuter Line Penataran KA (432) untuk tujuan Sidoarjo – Surabaya Kota pada hari ini. Kami terus melakukan koordinasi dengan KAI Daop 8 Surabaya selama evakuasi KA Pandalungan dan upaya normalisasi jalur rel di Stasiun Tanggulangin," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya di Surabaya, Antara, Minggu, 14 Januari. 

Selain itu, pihaknya juga melakukan rekayasa pola operasi perjalanan Commuter Line yang akan melintas di lokasi kejadian tersebut.

"Untuk seluruh perjalanan Commuter Line dari arah Surabaya untuk tujuan Sidorajo - Pasuruan/Malang – Blitar seperti Commuter Line Penataran dan Commuter Line Supas perjalanannya hanya sampai Stasiun Sidoarjo untuk kembali ke arah Surabaya, sedangkan untuk pelayanan perjalanan Commuter Line Tumapel dibatalkan," ujarnya.

Sementara, lanjutnya, untuk perjalanan Commuter Line dari arah Malang tujuan Sidoarjo dan Surabaya, seperti Commuter Line Penataran perjalanannya hanya sampai Stasiun Bangil untuk kembali ke arah Malang, sedangkan untuk Commuter Line Supas (Pasuruan-Sidoarjo) juga dibatalkan.

"Untuk pengguna Commuter Line Penataran KA (432) tujuan Surabaya Kota yang tertahan perjalanannya di Stasiun Tangulangin, dapat membatalkan tiketnya dan mendapatkan pengembalian seluruh biaya tiket, prosesnya dilayani sampai dengan H+7," ucapnya.

Pihaknya mengimbau seluruh pengguna Commuter Line untuk selalu ikuti arahan dari petugas di stasiun maupun di dalam kereta.

"Untuk update informasi layanan perjalanan Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya akan kami informasikan secara berkala," tuturnya.

Sebelumnya, PT KAI Daop 8 Surabaya membenarkan dan menyampaikan permohonan maaf atas peristiwa Kecelakaan Kereta Api berupa anjloknya KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember di Emplasemen Stasiun Tanggulangin pada Minggu, pukul 07.57 WIB.

Selain itu, juga beredar video di sosial media terkait anjloknya KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember di akun Instagram Jaki Jetbus.

Dalam video tersebut, sejumlah petugas melakukan pemeriksaan di belakang gerbong lokomotif KA Pandalungan.

Selain dari akun tersebut, akun Instagram lainnya dengan nama Aliqsafrudin merekam detik-detik anjloknya kereta yang mempunyai nomor gerbong lokomotif CC2039804 tersebut.

Terkait