3 Caleg DPR RI Dapil Jakarta 1 yang Unggul di Survei LSI, Habiburrohman Teratas
Caleg Gerindra Habiburrohman (ist)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait peta pemilihan Caleg DPR RI dapil Jakarta 1 pada pemilihan legislatif di Pemilu 2024 yang dilakukan pada 14-25 Desember 2023. Hasilnya Caleg Gerindra Habiburrohman unggul dalam semua simulasi dengan tingkat elektabilitas 17.8 persen dibandingkan calon lainnya dari berbagai partai.

Berdasarkan hasil survei, saingan terdekatnya Eko Patrio dari PAN 13,4persen dan Putra Nababan dari PDIP hanya mendapat masing-masing 11,0 persen. Bahkan, elektabilitas Habiburrohman jauh mengungguli politisi berpengalaman PKS Mardani Ali Sera 6,5 persen dan Anis Byarwati 5 persen.

Tak hanya itu Habiburrohman juga unggul jika simulasi dilakukan diinternal Partai Gerindra di Dapil Jakarta I dengan tingkat elektabilitas tertinggi 22,6 persen. Hal ini terbilang jauh meninggalkan caleg dari Partai Gerindra yang lain, yang terdekat Okky Dwi Cahyo 3,4 persen dan Bunga Brigita 2,3 persen.

Hasil Survei LSI ini menunjukkan Habiburrohman diprediksi akan memenangi perang bintang yang akan terjadi di Dapil Jakarta I mengingat banyak nama besar yang akan bertarung di Dapil Jakarta Timur tersebut.

Tingginya elektabilitas Habiburrohman ini diperkirakan selain karena Habiburrohman dikenal dekat dengan rakyat, efek tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran yang diprediksi akan memenangi Pilpres 2024 satu putaran dianggap juga menganggkat nama politisi senior Gerindra ini.