Melayat ke rumah Duka Rizal Ramli, Moeldoko Kehilangan Teman yang Kritis
Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, saat memberikan penghormatan terakhir untuk jenazah almarhum Rizal Ramli. (Dok KSP)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, melayat ke rumah duka mantan Menko Maritim Rizal Ramli, di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan, Rabu 3 Januari. Moeldoko yang didampingi Plt Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan, Rawanda Wandy Tuturoong, dan diterima langsung oleh salah satu putra almarhum Rizal Ramli. Pada kesempatan itu, Moeldoko memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah.

Moeldoko mengaku telah lama menjalin persahabatan dengan almarhum Rizal Ramli. Bahkan di setiap kesempatan, kata dia, dirinya banyak berkomunikasi, berbincang, dan berbicara hal-hal yang kritis bersama almarhum. “Secara pribadi saya kehilangan, kehilangan teman diskusi, kehilangan teman yang kritis,” ujarnya.

Moeldoko menilai sikap kritis almarhum Rizal Ramli menjadi penyeimbang bagi pemerintah untuk menyelenggarakan pembangunan yang lebih baik. “Pemerintah tidak alergi dengan kekritisan itu, tapi pemerintah sungguh menghormati kekritisan-kekritisan bertumbuh dengan baik, agar pemerintah semakin kuat,” jelasnya.

Seperti diberitakan, Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa 2 Januari, setelah sebelumnya menjalani perawatan di RSCM akibat kanker pankreas. Jenazal Rizal Ramli akan dikebumikan dengan almarhumah istrinya di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, pada Kamis 4 Januari. “Saya berdoa mudah-mudahan almarhum masuk surga,” pungkas Moeldoko.