Bagikan:

YOGYAKARTA - Istilah question trap menjadi populer setelah acara debat perdana Cawapres. Paslon nomor urut 2, Gibran Rakabuming, dianggap memberikan question trap atau pertanyaan jebakan kepada cawapres lainnya yang menjadi lawan debat. Lantas apa itu question trap dan contohnya?

Gibran Rakabuming dinilai menggunakan question trap saat melontarkan pertanyaan tentang State of The Global Islamic Economy (SGIE) kepada Cak Imin. Pertanyaan yang disampaikan oleh pasangan dari Prabowo Subianto tersebut sempat membuat cawapres pason 1 bingung. 

Banyak pihak menilai bahwa pemakaian question trap saat debat merupakan niat yang tidak baik. Strategi pertanyaan tersebut dianggap bertujuan untuk menjebak lawan debatnya. Sebenarnya question trap juga sering ditemukan tidak hanya dalam konteks debat, namun bisa dijumpai dalam momen-momen lainnya. Itulah mengapa penting mengenal apa itu question trap.

Apa Itu Question Trap?

Question trap adalah pertanyaan jebakan yang disampaikan oleh seseorang dengan tujuan supaya lawan bicaranya kesulitan, tidak bisa, hingga salah menjawab. Question trap merupakan strategi manipulatif memakai pertanyaan yang sering kali digunakan untuk menurunkan atau merusak reputasi seseorang. 

Question trap menjadi sorotan dalam dinamika komunikasi kontemporer. Question trap kerapkali muncul dalam bentuk pertanyaan yang direncanakan secara cermat untuk membuat seseorang menyampaikan jawaban yang kurang tepat atau salah. Orang yang menjadi target question trap berkemungkinan besar memberikan jawaban yang dapat diinterpretasikan secara negatif atau meragukan. 

Contohnya dalam pertanyaan dengan premis “mengapa Anda selalu melakukan tindakan merugikan?”. Pertanyaan ini menciptakan presumsi bahwa seseorang memiliki riwayat berulang kali atau sering melakukan tindakan yang merugikan. 

Sisi Negatif Question Trap

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa question trap seringkali digunakan untuk tujuan negatif dalam situasi debat atau komunikasi dengan seseorang. Dalam konteks media sosial dan debat, jenis pertanyaan ini kerap dipakai untuk membangun kontroversi atau menarik perhatian dengan cara yang merugikan. 

Orang yang menjadi target question trap akan kesulitan untuk membela diri atau menyampaikan pandangannya secara objektif. Sebab pertanyaan ini seringkali dibangun atau memuat asumsi yang merugikan lawan komunikasi atau orang yang menjadi target pertanyaannya. 

Question trap tidak hanya merugikan secara individu, namun juga bisa menghambat jalannya dialog. Kondisi ini tercipta ketika pertanyaan tersebut digunakan bukan untuk mencari pemahaman, tetapi untuk memojokkan atau menyerang lawan bicara. Adanya question trap membuat ruang bagi perdebatan menjadi tidak produktif dan terbatas. 

Dalam debat cawapres, pemakaian question trap menimbulkan dimainkan yang menarik dan cukup kontroversial. Taktik pertanyaan ini memunculkan perdebatan tentang etika dan efektivitas dalam komunikasi politik. 

Contohnya seperti yang terjadi dalam debat Cawapres lalu, ketika Gibran dituduh menggunakan strategi question trap. Hal ini terjadi saat Gibran menanyakan pendapatan dan langkah-langkah Cak Imin mengenai SGIE. 

Penggunaan question trap dalam debat politik telah membuka diskusi luas terkait komunikasi dan retorika yang digunakan dalam ranah politik. Strategi ini bisa memberikan dampak signifikan terhadap persepsi publik tentang kandidat dan isu-isu politik. Namun di sisi lain, question trap dinilai sebagai bagian dari strategi debat yang cerdas. 

Dalam menghadapi jenis pertanyaan question trap, kesadaran akan konteks pertanyaan menjadi kunci utamanya. Untuk menghindari question trap, setiap pembicara perlu memahami untuk mengajukan pertanyaan yang lebih terbuka, memeriksa asumsi yang mendasarinya, dan memberikan pemahaman yang membantu menghindari kesalahpahaman atau konflik. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu question trap yang kerap digunakan dalam debat. Mengenai penggunaan question trap, ada pihak yang pro dan ada pula yang kontra. Apakah dalam depat ketiga pada 7 Januari akan muncul question trap? Baca juga berita jelang debat Capres tema pertahanan dan keamanan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.