Jadi Pengrawit di Omah Mbudur Magelang, Atikoh Ganjar Pukau Pengunjung
Siti Atikoh Supriyanti, istri calon Presiden RI 2024 Ganjar Pranowo di Omah Mbudur, Dusun Jowahan, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang (Ist)

Bagikan:

MAGELANG - Sebuah peristiwa menarik terjadi di Omah Mbudur, Dusun Jowahan, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, pada Kamis 28 Desember. Siti Atikoh Supriyanti, istri calon Presiden RI 2024 Ganjar Pranowo, tiba-tiba menunjukkan bakat sebagai pengrawit saat makan siang.

Momentum ini tidak hanya menarik perhatian pengunjung biasa, tetapi juga menciptakan suasana tak terduga di tempat tersebut. Atikoh, yang mengenakan gamis bernuansa hijau tua dan jilbab coklat, dengan lugas mendekati pengrawit yang mengiringinya makan siang.

"Diajak main alat aja, suaraku lagi serak soalnya," ujar Atikoh dengan sopan saat ditawari mikrofon oleh pesinden.

Saling berinteraksi melalui mikrofon pun berlangsung. Atikoh bahkan meraih pemukul karawitan dan meminta pengrawit untuk melatihnya memainkan tembang dengan notasi mudah, dengan pilihan lagu "Gugur Gunung".

Dengan wajah serius, Atikoh mencoba memainkan alat musik jenis Slenthem. Pengrawit dengan sabar memberikan panduan satu persatu notasi. Namun, saat mencoba dengan tempo asli, Atikoh mengakui kesulitan.

"Wah, susah. Aku nyanyi aja deh jadi backing vocal ya. Caping gunung aja yang hafal," ujarnya dengan nada humor.

Meski tengah batuk, Atikoh tetap mampu menyanyi dengan baik, dan pengunjung langsung memberikan sorakan meriah sebagai respons. Setelah menyanyi, Atikoh juga tertarik dengan alat musik Gambang, mencobanya dengan lagu "Gundul-Gundul Pacul".

Keberanian Atikoh dalam mengeksplorasi kemampuannya mendapat pujian, salah satunya dari Yati, seorang warga Magelang yang baru melihat Atikoh secara langsung.

"Sudah cantik, ayu, pinter. Orangnya juga grapyak (ramah)," ujarnya dengan kagum.

Sementara itu, Nuryanto, pemilik Omah Mbudur, menyampaikan kebahagiannya atas kedatangan Atikoh. Meski bukan kunjungan pertama, Nuryanto merasa bangga karena Atikoh tetap menyempatkan diri untuk berkunjung ke Omah Mbudur, menunjukkan kedekatannya dengan masyarakat dan senang bermain bersama pengrawit.

"Saya sangat bangga sekali, di masa-masa beliau mendampingi bapak nyalon presiden masih menyempatkan datang ke Omah Mbudur bermain bersama pengrawit. Benar-benar sosok yang bisa menjadi contoh, karena mau mengayomi dan membumi. Ajur Ajernya ada," tandasnya.

Terkait