Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi meresmikan diubahnya nama Gedung Blok G Balai Kota DKI Jakarta jadi Graha Ali Sadikin pada Senin 11 Desember.

"Pada hari Senin tanggal 11 Desember 2023, Graha Ali Sadikin dengan ini saya resmikan," kata Heru Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Senin 11 Desember.

Alasan Heru mengganti nama bangunan itu untuk menghormati dan mengapresiasi jasa Gubernur DKI ke-7 Ali Sadikin dalam dua periode pada 1966-1977 membangun Provinsi DKI Jakarta.

"Gedung Blok G ini diberi nama Grha Ali Sadikin sebagai bentuk untuk menghormati beliau sebagai pendahulu kita, yang telah memimpin Provinsi DKI Jakarta dengan baik," kata Heru.

Heru berharap perubahan nama bangunan ini menambah nilai sejarah dan wawasan kepada masyarakat tentang derap pembangunan DKI Jakarta dari masa ke masa. 

“Daripada tulisannya di lobby adalah 'Gedung Blok G', lebih baik diganti dengan nama 'Grha Ali Sadikin' yang merupakan Gubernur DKI Jakarta. Lebih bagus dan bernilai sejarah,” kata Heru.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi yang juga hadir dalam peresmian.

Prasetyo mengatakan, diubahnya bangunan ini untuk mengenang sosok Ali Sadikin atau Bang Ali karena jasanya dalam mengembangkan Jakarta menjadi kota metropolitan yang modern.

"Peresmian ini dilakukan untuk mengenang jasa Ali Sadikin yang telah memimpin DKI Jakarta selama dua periode," ujar Prasetyo.

Acara pengesahan nama Gedung Blok G Balai Kota DKI jadi Grha Ali Sadikin ini juga dihadiri putra dari Ali Sadikin, yaitu Boy Sadikin.