Lanjutkan Program Hilirisasi Jokowi, Prabowo: Itu Masa Depan Bangsa Indonesia
Prabowo Subianto dalam acara Konsolidasi Pemenangan Prabowo-Gibran di Sentul International Convention Center, Sentul, Minggu 10 Desember. (Foto:Tangkapan layar YouTube Waktunya Indonesia Maju)

Bagikan:

 

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto menegaskan akan melanjutkan program hilirisasi yang digagas Jokowi. Menurut Prabowo, jika tidak meneruskan program hilirisasi, Indonesia akan sulit menjadi negara yang kuat dan hebat.

"Hilirisasi akan kita sempurnakan, akan kita tingkatkan, karena hilirisasi adalah masa depan bangsa indonesia," Kata Prabowo dalam acara Konsolidasi Pemenangan Prabowo-Gibran di Sentul International Convention Center, Sentul, Minggu 10 Desember.

Prabowo mengaku memiliki pemikiran dan ideologi yang sama dengan Presiden Joko Widodo mengenai program hilirisasi tersebut.

"Karena itu saya bersatu dengan Pak Jokowi tidak hanya karena hubungan baik, karena pemikiran kita, strategi kita, pandangan kita untuk Indonesia maju sama. Ideologi kita sama, ideologi kita sesungguhnya adalah cita-cita seluruh bangsa Indonesia, cita-cita Bung karno sejak awal, Indonesia berdiri di atas kaki kita sendiri," ungkap Prabowo dalam pidatonya.

Hilirisasi adalah proses transformasi ekonomi berkelanjutan, di mana kebijakan industrialisasi berbasis komoditas bernilai tambah tinggi, menuju struktur ekonomi yang lebih kompleks.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hilirisasi atau penghiliran merupakan proses pengolahan bahan baku menjadi barang siap pakai.

Prabowo menilai, program hilirisasi Jokowi ini akan membawa kemakmuran bagi bangsa Indonesia.

"Banyak negara risau dan tidak suka kalau Indonesia hilirisasi, mereka maunya ambil barang kita, ambil barang kita murah, kemudian barang kita diolah di pabrik mereka, habis itu mereka jual produknya puluhan kali kepada kita," Beber Prabowo.

"Pak Jokowi berani dan tegas mengatakan No!. Mulai saat ini kita tidak mau lagi jual-jual bahan kita murah kepada bangsa lain," lanjutnya.

Selain melanjutkan program hilirisasi, Prabowo dalam pidatonya juga menegaskan akan melanjutkan program-program Jokowi yang sudah ada dan sedang dijalani saat ini.

"Kita akan lanjutkan pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh Presiden Jokowi, kita tidak ragu-ragu mengatakan IKN akan kita lanjutkan, BPJS kita lanjutkan, Kartu Prakerja kita lanjutkan, Kartu Indonesia pintar kita lanjutkan," kata Prabowo.