Beri Panggung Cak Imin Sambutan Saat Undian Nomor Urut, Anies: Tunjukkan Kaliber Setara
Capres Anies Baswedan/FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden Anies Baswedan menjelaskan alasan dirinya memberi ruang untuk calon wakil presidennya, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memberi sambutan usai mendapat nomor urut di Pilpres 2024.

Hal ini berbeda dengan pasangan capres-cawapres lainnya. Di mana, sambutan diutarakan oleh capres Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Menurut Anies, dirinya ingin menunjukkan bahwa posisi cawapres setara dengan capresnya.

"Kami dwitunggal. Gantian. Dan kita ingin menunjukkan bahwa wakil presiden memiliki kaliber yang setara. Wakil presiden memiliki pengalaman, pengetahuan, dan kemampuan untuk berkomunikasi yang amat baik," ungkap Anies di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa, 14 November.

Anies pun mengaku bangga dengan isi pidato Cak Imin yanh mengibaratkan kontestasi pemilu dengan pertandingan sepak bola. Ilustrasi ini, bagi Anies, mudah dipahami orang lain.

"Sepak bola semua orang tahu. Semua orang tahu apa itu sleding tackle, dan semua orang tahu itu, nyorakin pemain yang curang. Semua orang tahu wasit yang bersertifikat dengan baik. Pesan-pesan itu mudah ditangkap. Ini sebuah pesan kepada semua bahwa kami pasangan dwitunggal, saling melengkapi, dan bisa saling mengisi," urai Anies.

Waktu 10 menit yang diberikan KPU kepada masing-masing dari tiga pasangan calon capres-cawapres Pilpres 2024 usai penetapan nomor urut diambil oleh Muhaimin Iskandar selaku cawapresnya Anies Baswedan paslon nomor urut 1.

Dalam pidatonya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengajak tiga paslon Pilpres 2024 bersaing secara sehat sehingga rakyat menikmati pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Kita juga sangat berbahagia dan bersyukur bahwa akhirnya masing-masing capres-cawapres menyiapkan diri dengan baik sehingga kita sampai pada satu tahap berkomitmen untuk melaksanakan pemilu dengan semangat riang gembira," kata Cak Imin dalam pidatonya.

Cak Imin juga mengajak agar dua paslon lainnya menjaga iklim politik Indonesia meski tak dapat dipungkiri bakal panas dengan persaingan hingga diumumkannya pemenang Pilpres 2024.

"Sekaligus kita ingin mengisi pemilu dengan gagasan, ide, cita-cita, dimulai dari track record, rekam jejak dan berbagai visi misi yang telah kita miliki masing-masing secara lengkap," katanya.

Seruan ini pun disambut tepuk tangan oleh Anies Baswedan yang mendampingi Cak Imin di atas podium menyampaikan pidato.

Malam ini, pasangan capres-cawapres telah melakukan pengundian nomor urut untuk Pilpres 2024. Hasilnya, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut satu, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapat nomor urut dua, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapat nomor urut tiga.

Ketika membuka tabung yang berisi nomor urut tersebut, para pasangan capres-cawapres kompak memberi salam jari. Anies-Cak Imin mengacungkan jari telunjuk, Prabowo-Gibran mengacungkan dua jari seperti simbol peace, dan Ganjar-Mahfud mengacungkan tiga jari seperti salam metal.